Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Trekking, Pagi Tadi Menuju ke Air Terjun Garini

 Foto: Air Terjun Garini, Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan


SulutPos.com,Boltim – Pagi tadi para pesertah pelatihan pemamdu wisata Sekitar pukul 05.30, puluhan peserta pelatihan pemandu wisata trekking utusan dari sejumlah desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan trekking ke Air Terjun Garini, Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan, Kamis 20-6-19.

Puluhan peserta utusan tersebut yakni dari Desa Jiko Port, Molobog, Motongkad, Togid, Tutuyan 2, Tutuyan 3, Tombolikat Induk, Tombolikat Selatan, Kayumoyondi, dan Buyat. Pelaksana kegiatan, Ivan Assa mengatakan, sebelum menuju air terjun Garini, para peserta akan lakukan pengamatan burung (Birding).

“Seperti yang disampaikan ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Heron Sumampouw dan ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jefri Rompis, bahwa peserta akan lakukan Birding. Setelah itu peserta lakukan trekking ke air terjun Garini,” ucap Ivan.

Kata dia, sorenya para peserta kembali ke Desa Bukaka untuk menerima metode dari pemateri terkait bagaimana memberikan Pertolongan Pertama Pada saat Kecelakaan (P3K) di alam bebas.

“Metode P3K berikut ini adalah sebuah penanganan atau penanggulangan pertama pada satu, kecelakaan yang biasa terjadi saat kegiatan di alam bebas. Banyak yang sebenarnya mudah kita lakukan, tetapi jarang yang mau ataupun sigap dalam melakukan pertolongan pertama dan awal apabila ada rekan lain yang mengalami kecelakaan di alam terbuka,” jelasnya.

Lanjut Ivan, dihari terakhir pelatihan Jumat 21-6, seluruh peserta dihari penutup kegiatan, akan dilakukan uji kompetensi bagi para peserta terkait pelatihan ini.. (IWAN).

(Visited 147 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *