Pustu Bokaka Layani Persalinan dan Kesehatan Ibu Hamil

Foto: Layanan Kesehatan Ibu Hamil di desa Bokaka.


SulutPos.com, Boltim – Sesuai peraturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa, apabila ibu hamil yang mau melahirkan, maka harus lakukan persalian di Puskesmas Pembantu (Pustu) setempat. Hal ini disampaikan Bidan Desa Bukaka, Fitry Tumbelaka saat disambangi sejumlah awak media diruang kerjannya.

Dikatakannya, setiap ada ibu-ibu yang mau melahirkan, harus dibawah ke Pustu, itu adalah aturan dari Kemenkes yang diberlakukan sejak tahun 2017.

“Alangkah baiknya menggunakan fasilitas negara untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak,” jelas Tumbelaka, Selasa (25/6/19).

Disisi lain, bidan desa yang sudah bertugas selama kurang lebih 1.4 tahun di Pustu Bukaka itu mengapresiasi masyarakat setempat. “Masyarakat disini (Bokaka) sangat kooperatif apabila ada kegiatan-kegiatan dari pemerintah daerah terkait kesehatan. Selama bertugas, belum ada kasus ibu atau anak yang meninggal saat proses lahiran,” ucapnya.

Selain itu kata Tumbelaka, Pustu Bukaka tidak pernah kekosongan obat-obatan. “Pustu Bukaka tidak pernah kekurangan obat-obatan karena sering disuplai dari Puskesmas Buyat. Karena Pustu Bukaka wilayah kerja Puskes Buyat,” tukasnya. (Iwan)

(Visited 44 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *