Bupati Sehan: Pelaku Usaha Harus Memiliki Izin

Foto: Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH (tengah)


SulutPos.com, Boltim — Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, kembali menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait pemberian izin pelaku usaha agar lebih proaktif di dalam pengawasan dan penertiban pelaku usaha di wilayah Bolaang Mongondow Timur.

Diantaranya, adalah usaha Penyulingan Minyak Cengkih, Sarang Burung Walet. Hal tersebut selalu disampaikan bupati Sehan Landjar pada setiap kesempatan rapat dan pertemuan dan paling terakhir hal tersebut diinstruksikan kembali pada selasa (02/07) kemarin, agar semua jenis usaha harus mengantongi izin.

Dengan alasan bahwa, bagi pelaku usaha yang memiliki izin sudah tentu telah nengikuti aturan yang sesuai dengan persyaratan RTRW, RDTR dan IMB, Hal tersebut disampaikan kepada dinas dan badan terkait seperti Dinas Perindag UKM & Pasar, BPTSP, DLH, Nakertrans, PUPR serta SatPol PP agar segera menertibkan pelaku usaha tanpa izin operasi.

“Dengan terpenuhinya semua izin yang dipersyaratkan maka di sisi lain dari segi pendapatan asli daerah (PAD) akan tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh tim anggaran pemerintah daerah,” ungkap Landjar.

Sehan Landjar, juga mengingatkan bahwa target yang ditetapkan dan realisasi capaian PAD kita belum berbanding lurus dengan anggaran pembangunan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Bolaang Mongondow Timur selama kurun waktu 11 tahun.

“Untuk itu saya minta agar dinas dan badan yang terkait dengan retribusi atau pendapatan agar lebih inovatif dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” imbuh Sehan. (IWAN).

(Visited 58 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *