Chat kami sekarang

Dilepas Mangala, 17 Calon TKI Asal Minahasa Siap Adu Nasib di Jepang

Sulutpos.com,Tondano – Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr.Denny Mangala M.Si melepas Calon Tenaga Kerja Indonesia asal Minahasa berjumlah 17 orang yang bakal mengadu nasib di Negeri Sakura Jepang Siang tadi Selasa (30/07)diruang sidang setdakab Minahasa.

Dalam arahannya, Denny Mangala mengingatkan agar para calon TKI ini dapat membawa harum nama Kabupaten Minahasa di manapun mereka ditempatkan.

” Adik – adik diminta dapat bekerja dengan sebaik – baiknya, jangan hanya karena keinginan sesaat dimana sudah menginjakan kaki di Jepang, namun yang terpenting ingat akan masa depan kalian, buat yang terbaik untuk keluarga juga bawa harum nama Minahasa dimanapun saudara ditempatkan,” Kata Mangala.

Mangala meminta saat berada di Jepang dan sudah memulai kerjannya,para Calon TKI ini bisa dengan bijak mengatur gaji yang nanti didapati.

“Orang jepang sangat menghargai waktu,jadi kalau disuruh masuk kerja jam delapan maka diusahakan sebelum jam 8 adik – adik sudah berada di tempat kerja, begitupun nanti jika sudah menerima gaji silahkan dikumpul atau ditabung, pergunakan dengan bijak sehingga nanti saat pulang kembali ke kampung halaman ada hasilnya,jangan gaji didapat dalam sebulan hanya habis sehari,” Tegasnya.

Sementara terkait seleksi lanjutan para TKI ini dijelaskan Helmi Sukantiyo. Sebagai lembaga LPK Rank A Indonesia (BandunG international training center)saat di konfermasih wartawan Sulutpos.com.para Calon TKI bakal di beri pembekalan dini di Bandung selama tiga bulan sebelum diberangkatkan ke Jepang.

” Mereka akan kita beri pembekalan dasar dan pendalaman terlebih penting untuk bahasa Jepang,minimal tiga sampai empat bulan,”Terangnya.

Dijelaskannya pula dalam penempatan kerja para TKI bervariasi sesuai dengan keahlian mereka.

” Dijepang itu lahan pekerjaan sagat besar dan tenaga kerja yang dibutuhkan sangat banyak, namun mereka lebih suka kalau tenaga kerja asal Indonesia dab mereka merasa nyaman, sementara untuk penempatan kerja para TKI ini nantinya bervariasi ada yang ditempatkan sebagai Asosiasi,Teknik, Perawat, Perikanan, sampai pada pertanian, sesuai dengan keahlian mereka,” Jelas Helmi sambil berharap agar perekrutan tenaga kerja di Minahasa akan lebih berlanjut di waktu mendatang.

” Ini adalah yang pertama di Sulawesi Utara terlebih di Minahasa, mudah – mudahan menjadi awal yang baik.Memang beberapa waktu yang lalu pak Bupati Ir.Royke Oktavian Roring sempat membahas akan pengiriman Tenaga kerja ke Jepang melalui pihak KBRI dan baru kali ini direalisasikan,”pungkasnya.

Adapun Para calon TKI yang direkrut pihak lembaga LPK Rank A Indonesia ini mereka yang berusia dari umur 19 – 30 tahun dengan pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dengan masa kontrak Tiga Tahun.( Ody)

(Visited 252 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *