Misi Dragonfly NASA akan Cari Tahu Kehidupan di Titan

Gambar artis misi NASA “Dragonfly” saat berada di permukaan Titan (foto: ilustrasi).


SulutPos.com, Washington – Bulan Saturnus, Titan, memiliki semua yang dibutuhkan manusia untuk hidup. Misi NASA yang baru diumumkan, Dragonfly, akan menjelajahi bulan es itu dari udara dan darat untuk mencari-tahu apakah pernah ada kehidupan di sana.

Sekilas, Titan sangat mirip Bumi. Danau dan laut tersebar di belahan utara, dan hujan sesekali membasahi permukaannya yang berpasir. Bedanya adalah di Titan sangat dingin sehingga air di sana sekeras es batu, dan metana berminyak jatuh dari langit dan menetes ke laut.

Warga AS Minta NASA Fokus pada Asteroid, Bukan Bulan

Warga AS Minta NASA Fokus pada Asteroid, Bukan Bulan

 

 

 

Pasir di Titan terbuat dari bahan organik yang terdiri atas karbon, hidrogen, nitrogen, dan oksigen, jauh berbeda dari pasir yang umum ditemukan di pantai mana pun di Bumi.

Permukaan Titan tertutup atmosfer, yang empat kali lebih padat daripada atmosfer Bumi. Ditambah gravitasinya yang hanya 1/7 kekuatan gravitasi Bumi, ketebalan atmosfer itu membuat Titan target yang ideal untuk penjelajah udara.

Ide membuat pesawat untuk menerbangi atmosfer Titan yang tebal bukanlah hal baru, tetapi baru setelah teknologi pesawat nirawak semakin maju, tim Dragonfly menyadari bahwa mereka bisa mewujudkan impian terbang ke Titan.(ka/al)

VOA News

(Visited 121 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *