Pemerintah Desa Togit Bakal Gelar Lomba Dayung di Danau Bunong

Foto: Danau Bunong.


SulutPos.com, Boltim – Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan pengembang asal Manado, Sulawesi Utara (Sulut) akan mengadakan Lomba Dayung di Danau Bunong, desa Togid. Seperti yang disampaikan Sangadi (kepala desa) Togid, Adi Makalungsenge saat disambangi seumlah awak media dikantornya siang tadi, Rabu (24/7/19).

”Pihak pengembang yaitu Bapak Dr. Ir. Joutje Ariel Koapaha Paputungan M.Sc. Ph.D sudah datang ke kantor untuk membicarakan proses pelaksanaan kegiatan Lomba Dayung di Danau Bunong. Dan kami pun sepakat atas gagasan beliau (pengembang) bahwa dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan, tergantung dari kesiapan,” beber Adi.

Maksud dari kegiatan itu lanjut Adi, untuk lebih memperkenalkan potensi-potensi wisata yang di Kabupaten Boltim. ”Selain itu, menunjang program unggulan daerah dalam pengembangan sektor pariwisata. Kerena Boltim sudah mulai dikenal dengan beragam destinasi wisata yang memukau, maka dari itu kami selaku Pemerintah Desa Togid tidak mau ketinggalan dan harus menciptakan inovasi yang berdampak positif bagi daerah,” ujarnya.

Dijelaskannya, Lomba Dayung adalah tahap awal untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Desa Togid. ”Sesuai dengan pembicaraan pihak desa dan pengembang, Danau Bunong akan disulap menjadi tempat wisata yang berskala Internasional dan akan diagendakan setiap tahun melalui event Festival Danau Bunong (FDB). Pengembang akan membuka lahan yang Ia beli untuk dijadikan spot-spot menarik yang berbeda dengan wisata lainnya diboltim. Kita tunggu saja waktunya, pasti menarik,” terangnya.

Sementara itu, Joutje K. Paputungan yang sudah menetap dan menjadi Warga Desa Togid tersebut, saat ditemui dikediamannya mengatakan, selain untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Ia mengaku sangat suka dengan tempat-tempat wisata.

Disisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Boltim, M. Rizky Lamaluta saat dimintai tanggapan terkait hal itu menyatakan, pihaknya selalu mendukung jika ada yang ingin mengembangkan potensi wisata.

”Kami selalu mengsupport jika ada kegiatan terkait pariwisata. Untuk Lomba Dayung yang telah direncanakan, kami dukung penuh dan kedepannya bisa dirangkaikan dengan HUT Kabupaten,” tukas Lamaluta. (IWAN).

(Visited 56 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *