Pemilik Lahan Lingkar Tambang Angkat Suara

Foto: Digelarnya sosialisasi pembebasan lahan oleh pihak PT. Arafura Surya Alam (ASA) cabang Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).


SulutPos.com, Boltim — Usai digelarnya sosialisasi pembebasan lahan oleh pihak PT. Arafura Surya Alam (ASA) cabang Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) beberapa waktu lalu, sejumlah masyarakat pemilik lahan yang berada dilingkar tambang tersebut, angkat suara. senin (26-8-19).

Pasalnya, penawaran harga lahan yang tawarkan pihak perusahaan (PT ASA) dinilai sangat rendah. Seperti yang disampaikan salah satu warga pemilik lahan asal Desa Kotabunan, Hartono Liem.

”Harga yang ditawarkan PT. ASA sangat kecil, yakni 250 juta rupiah per hektare bagi lahan yang berada didekat jalan, dan 200 juta rupiah per hektare untuk lahan yang agak jauh dari jalan,” ujar Liem kepada sejumlah awak media.

Dikatakannya pula, lebih disayangkan, harga tersebut sudah termasuk dengan nilai tanam tumbuh. ”Untuk lahan saja kami menolak, apalagi angka yang disebut pihak PT. ASA sudah termasuk membayar tanaman yang kami tanam dilahan. Itu sangat murah,” tegasnya.

Ia menyebut, jika perusahan bisa menyetujui apa yang ditetapkan terkait harga, pihaknya akan menyerahkan lahan tersebut,  ”Angka kami adalah 500 juta rupiah per hektare, dan itupun diluar tanaman yang ada,” tegasnya lagi dan ikut diiyakan undangan yang hadir pada sosialisasi itu.

Sementara, masyarakat lainnya yang juga pemlik lahan asal Desa Bulawan mengatakan, dirinya menganggap penawaran yang ditawarkan pihak perusahan terlalu murah.

”500 juta rupiah diluar tanaman, itu angka kami. Sebab, tanah yang kami miliki itu mengandung emas yang tidak sedikit, maka dari itu, saya berharap PT. ASA bisa menyetujuinya,” tukas Musimin Kadri.

Disisi lain, Manager Eksternal PT. ASA, Andreas Bolitobi mengatakan, pada sosialisasi tersebut, pihaknya baru menyatakan penawaran harga lahan, bagi masyarakat pastinya punya angka tersendiri.

”Apa yang diutarakan dan dikeluhkan masyarakat setempat soal harga, tentunya akan kami sampaikan kepada atasan,” singkatnya. (IWAN).

(Visited 46 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *