Upacara Adat Mopohabaru Idul Adha 1440 H

SulutPos.com, Bolmut – Senin 5/8/2019, bertempat di kediaman Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh, tepatnya di desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat, Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melaksanakan upacara adat Mopohabaru.

Upacara “Mopohabaru” atau “Mopotau” dilaksanakan oleh Aliansi Adat Bolaang Mongondow Utara kepada Bupati Depri Pontoh yang bergelar adat “Ki Doni Pangulu” dalam rangka mengabarkan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Upacara adat Mopohabaru/Mopotau berarti “mengabari” atau “memberitahukan” tentang suatu hal tertentu.

Sedangkan “Ki Doni Pangulu” atau “Ki Doni Pangulu ko Lipu Bulango Mongonu Taara” merupakan gelar yang telah diberikan oleh Aliansi Lembaga Adat Bolmut kepada seorang Pemimpin atau Kepala Daerah. Oleh karena itu, upacara Mopohabaru atau Mopotau merupakan upacara adat yang dilaksanakan oleh Aliansi Lembaga Adat Bolmong Utara untuk memberitahu atau mengabari tentang datangnya hari Idul Adha 1440 Hijriyah kepada Drs. Hi. Depri Pontoh selaku Pemimpin atau Kepala Daerah yang sedang menjabat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh

Berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Bupati dan Aliansi Lembaga Adat pada kesempatan tersebut juga menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati bersama. Di antaranya, Sholat Ied akan dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko pada hari Minggu, 11 Agustus pukul 07.00 Wita. Para petugas yaitu, Julma Pulugeti sebagai Bilal, Ambo Aha Jumain, S.Hi sebagai Khatib Mimbar, dan Husain Paramata, S.Pd.I sebagai Imam.

Terpisah, dalam arahannya Bupati Bolmut menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat yang telah menyampaikan kabar tentang Idul Adha serta petugas pelaksana pada Sholat Ied nanti.

Pada upacara adat tersebut turut hadir Para Tokoh Adat, Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Ketua DWP Hj. Fitriana Nani Buhang, S.E, Unsur Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah, dan para Camat serta Sangadi. (Mirad)

(Visited 125 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *