Bupati Sumendap Tegaskan Tahapan Pilhut Tetap Jalan Sesuai Jadwal

Sulutpos.com,Tondano – Tindak lanjut tidak diterimannya tahapan uji kompetensi calon Hukum Tua dalam pemilihan Hukum Tua serentah yang bakal gelar dalam waktu dekat ini. ratusan Masyarakat datangi Kantor Bupati Minahasa Tenggara ( Mitra ) Senin (19/09)

Kedatangan Masyarakat pendemo ini terima Bupati James Sumendap SH di halaman Kantor Bupati.

“UU nomor 6 tentang desa, Permendagri memberikan ruang bahwa dalam Perbup nomor 33 tahun 2019 pasal 25 mengisyaratkan, bakal calon sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 wajib mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan oleh panitia kabupaten,” kata Bupati menanggapi tuntutan Pendemo.

Bupati menegaskan tahapan pemilihan hukum tua (Pilhut) di tetap berjalan, meski ada potensi gugatan dari sejumlah bakal calon yang tidak lolos dalam uji kompetensi.

“Tahapan Pilhut serentak ini harus tetap jalan, sesuai dengan jadwal yang sudah ada,” tegas Sumendap sembari  mengungkapkan, pihak Pemkab akan menghormati langkah sejumlah bakal calon hukum tua yang merasa tidak puas terhadap pelaksanaan serta mekanisme Pilhut, dengan melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Silahkan ambil langkah hukum dan uji kebenaran dari Perbup nomor 33 tahun 2019 ini, apakah bertentangan dengan peraturan yang diatas,” Kata Bupati.

Diingatkannya pula dalam aturan tidak ada peraturan yang berlaku terkait penundaan Pilhut dengan alasan masih ada gugatan hukum yang berproses.

“Tidak diisyaratkan dalam peraturan perundang-undangan, ketika terjadi gugatan maka tahapan dihentikan karena ini ada konsekuensi biaya,” ungkapnya.

Adapun sejumlah tuntutan para pendemo ini mempertanyakan landasan hukum terkait pelaksanaan uji kompetensi yang dinilai bertentangan dengan aturan lebih tinggi.

Tidak puas dengan aksi mereka di Kantor Bupati,para Pendemo ini menuju ke DPRD Mitra, dengan mendapatkan penjagaan aparat kepolisian dibantu Satpol. ( Ody)

(Visited 40 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *