Denmark Berharap Beri Contoh dengan Program Ambisius Pengurangan Karbon

Foto: Menteri Iklim dan Energi Dan Jorgensen saat wawancara di Kopenhagen, Denmark, 16 Agustus 2019. Reuters


SulutPos.com, Washington – Seorang pejabat senior Denmark mengatakan, negaranya berharap untuk memberi contoh kepada dunia dengan sebuah rencana ambisius yang akan mengurangi emisi karbon sampai 70 persen dalam kurun sedikit lebih dari satu dekade. Tetapi, negara itu tidak berharap bahwa langkah itu akan berdampak besar pada pemanasan global.

“Secara jujur, untuk iklim, meskipun kami menutup negara kami esok hari, itu tidak membantu banyak,” demikian kata Dan Jørgensen, pejabat iklim dan energi Denmark, kepada VOA ketika berkunjung ke Washington minggu ini.

Kata Jørgensen, Denmark hanya bertanggung jawab atas 0,1 persen untuk emisi karbon dunia, sebuah tetes air di dalam sebuah ember, dibandingkan pencemar terbesar di dunia seperti China, Amerika Serikat, dan India. Tetapi katanya, “Alasan kami tetap melakukan hal-hal ini adalah, seandainya kami sukses, harapannya negara-negara lain akan terilhami.”

Jørgensen akan berada di New York minggu depan guna memperkenalkan agenda iklim negaranya di PBB, dan katanya, negaranya berharap bisa memeragakan mampu melaksanakan sebuah transformasi hijau dan tetap bersaing di pasar global. Dalam proses ini, Denmark berharap akan mengembangkan teknologi-teknologi baru yang juga bisa dimanfaatkan negara-negara lain. [jm/pp]

VOA News

(Visited 82 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *