Chat kami sekarang

Pemdes Kotabunan Selatan Realisasi PAMSIMAS Guna Ketersediaan Air Bersih

Foto: Sosialisasi terkait Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.


SulutPos.com, Boltim — Guna mempercepat realisasi penyediaan air bersih, Pemerintah Desa (Pemdes) Kotabunan Selatan (Kotsel), Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar sosialisasi terkait Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kotsel, pada Jumat malam (27/9/2019).

Agenda tersebut turut dihadiri Sangadi beserta perangkat desa Kotsel, Badan Permusyawarahtan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelompok Swadaya Masyarat (KSM) serta seluruh warga masyarakat Kotsel. Kepala Desa (Sangadi-red), Kotsel, Rengga Paputungan berujar, acara sosialisasi tersebut bertujuan untuk mempercepat proses realisasi program PAMSIMAS di wilayahnya.

Menurut Sangadi, terkait persiapan pihaknya sudah siap action tinggal menunggu hasil musyawarah desa,  “Untuk persiapan, sejauh ini Pemerintah Desa Kotsel dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sudah siap, tinggal menunggu hasil dari musyawarah Desa,” ujar Paputungan.

Yang akan kami bicarakan, lanjutnya, yaitu persiapan kerja bakti pembuatan bak air minum dan pemasangan pipa air. Jika sudah melalui musyawarah kami akan mulai kegiatan.

Sangadi termuda di Boltim ini menambahkan, bahwa pihaknya akan memikirkan dan terus memacu tentang bagaimana air yang berada di atas gunung mooat bisa sampai ke desa untuk dinikmati warga. Namun lanjutnya, sesuai kesepakatan dengan masyarakat harus sama-sama bertanggung jawab menyangkut kegiatan ini.

“Bagi masyarakat yang tidak mau melaksanakan kesepakatan bersama kami tidak bisa memasangkan air untuk masuk ke rumahnya. Dan Kita sudah memutuskan secara musyawarah desa biar tidak ada timbul kecemburuan sama warga yang lain dan ini menjadi perhatian buat kita semua utamanya di Desa Kotsel,” tegasnya.

Untuk tahap pertama kami akan membuat bak air minum kemudian dilanjutkan dengan pemasanagan pipa,” sambungnya. Dia pun berharap semoga keinginan masyarakat akan berjalan sesuai harapan.

“Saya berharap semoga apa yang kita inginkan akan terlaksana dengan baik dan kebutuhan air minum semua bisa terlayani sesuai kebutuhan kita,” kunci Paputungan.

Diketahui Pemdes Kotsel akan melaksanakan kerja bakti pada Senin tanggal 30 September 2019. (IWAN).

(Visited 81 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *