Chat kami sekarang

Dari Anggaran DAK dan APBN 2019, Pengerjaan Jalan Kabupaten Minahasa Capai 90 Persen

( Foto cover : Kepala Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Nofry Lontaan ST)

Sulutpos.com,Tondano – Tahun 2019 Pekerjaan proyek fisik pembangunan khususnya jalan di Kabupaten Minahasa, sudah mencapai 90 persen.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Nofry Lontaan ST saat disambangi wartawa Kamis (24/10)

“Ya, pekerjaan fisik khusus jalan sudah mencapai 90 persen,” Kata Lontaan

Dijelaskannya, jumlah anggaran pekerjaan tersebut sebesar 19,4 Miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bersumber dari pendapatan APBN tahun 2019 yang dialokasikan kepada Pemkab Minahasa.

Menurut Lontaan, dengan sisa waktu yang ada, proses pekerjaan sejumlah kegiatan terus dilakukan agar bisa selesai sesuai dengan target. “Hingga akhir bulan Oktober ini sejumlah pekerjaan pembangunan fisik jalan sebagian besar sudah hampir rampung dan hanya menyisakan beberapa kegiatan,” tuturnya.

Dijelaskan pula, anggaran keseluruhan yang ada di PUPR tahun 2019 sebesar 51.6 Miliar. “Untuk DAK khusus jalan sebesar 19,4 Miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) 12,3 Miliar, Dana Insentif Daerah (DID) 9,2 Miliar. Kemudian DAK khusus irigasi 3 Miliar, DAK air minum 2,5 Miliar, DAK air minum reguler 1,5 Miliar. Selain itu, ada juga sanitasi penugasan sebesar 2,6 Miliar dan sanitasi reguler 650 juta,” rinci Lontaan.

Dia menambahkan, untuk paket pekerjaan pada ABPD perubahan sudah dalam tahap pelelangan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektonik (LPSE). Sedangkan proses lelang, kata Lontaan, dilakukan secara terbuka. “Artinya semua perusahaan bisa mengikuti lelang sesuai dengan klasifikasi bidang/sub bidang kualifikasi usaha,” jelasnya seraya menegaskan kembali, bahwa semua perusahaan bisa mengikuti proses lelang. Namun harus memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang diminta. ( Ody)

(Visited 72 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *