Chat kami sekarang

Diangkut Pesawat Herkules, Pemkab Minahasa Jemput Kedatangan Warga Minahasa Dari Papua

Sulutpos.com,Tondano – Hari ini, Rabu ( 10/10) Pemerintah Kabupaten Minahasa besama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ( Sulut ) Jemput kedatangan Warga Minahasa dari Papua di Bandara Samratulangi Manado.

Kepala Dinas Sosial Royke Kaloh mengatakan Warga Minahasa yang pulang kekampung halamannya terdiri dari dua tahap keberangkatan yakni mengunakan Kapal Laut KM Sinabung serta lewat udara dengan Pesawat Herkules milik TNI AD.

” Hari ini kita terima warga Minahasa dari Papua yang pulang mengunakan Pesawat Herkules milik TNI AD,sementara warga yang lain naik Kapal KM Sinabung karena banyaknya bahan yang dibawa pulang,” Kata Kadis Royke Kaloh.

Dijelaskannya pula,sesampai di Bandara Sam Ratulangi Manado, keberadaan warga Minahasa ini langsung dilakukan cek up terkait keberadaan kondisi dan kesehatan.

” Mereka langsung diperiksa akan keberadaan kesehatan mereka, dan kita bersyukur warga Minahasa yang pulang dari Papua ini semua dalam keadaan sehat,” Terangnya.

Kadis Kaloh pun menambahkan, pendampingan Pemkab Minahasa terus berlanjut sampai kerumah tempat tinggal warga,”Kita langsung hentar ke rumah mereka dan disambut Pemerintah Desa dan Keluarga,” Ujar Kadis.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Minahasa Johanes Pesik menjelaskan, kepulanggan warga Minahasa yang berada di Papua berdasarkan kehendak sendiri.

” Mereka pulang atas keinginan mereka sendiri tidak dipaksa oleh pemerintah, Keseluruhan Warga Sulut yang terdampak kerusuhan di sana berjumlah 800 jiwa lebih, dan ternyata mereka yang kembali dikarenakan sudah tidak merasa aman lagi di tempat itu,bahkam ada sekitar 136 warga yang pulang mengunakan biaya sendiri,” Kata Kaban Pesik.

Sementara warga Minahasa yang memilih tetap menetap di Papua mendapat tunjangan biaya hidup dari Pemerintah Provinsi bersama Pemkab Minahasa.

” Yang tinggal dan menetap dan tidak mau pulang, kita berikan tunjangan biaya hidup sebesar 1 juta rupiah per jiwa,namun kita pun berpesan agar mereka bisa berhati – hati, dan jika ingin pulang ke Kampung Halaman tetap akan kita fasilitasi,” Pungkasnya.( Ody)

(Visited 62 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *