Dinas Kominfo Boltim Gelar Rakor PPID

Foto:  Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelolan Informasi dan Dokumentasi (PPID) bertempat di ruangan media Center Dinas Kominfo, Selasa (8/10/2019).


SulutPos.com, Boltim — Untuk meningkatkan pelaksanaan layanan informasi dan dokumentasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelolan Informasi dan Dokumentasi (PPID) bertempat di ruangan media Center Dinas Kominfo, Selasa (8/10/2019).

Hadir dalam acara ini Asisten II Pemkab Boltim, Sony Waroka, Kepala Dinas/Badan dan Sekretaris selaku PPID Pelaksana diselurh susunan Pengelolan Layanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemkab Boltim.

Kepala Dinas Kominfo Boltim, Hamdi Egam menyampaikan PPID bertugas dan bertanggungjawab atas pengelolaan semua informasi dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk dikelola agar bisa memberikan pelayanan informasi yang baik, cepat, sederhana, tepat dan membangun. PPID dalam hal ini Kominfo, merupakan garda terdepan dalam memberikan layanan permintaan informasi dari publik atau masyarakat bahkan bersifat nasional. PPID ini dapat menyatukan semua OPD untuk membangun daerah ini.

“Dengan sistem keterbukaan informasi publik, semua pihak dapat mengetahui baik masyarakat dalam daerah maupun masyarakat luar. PPID sebagai sarana pembangunan daerah dengan memberikan informasi yang membangun dan baik. Maka dari itu diminta pada OPD yang belum terkoneksi dengan program segera laksanakan, “ kata Hamdi.

Dia mengatakan program ini sangat bagus untuk dilaksanakan dalam rangka pengembangan pembangunan daerah. Kebijakan ini seiring dengan perkembangan teknologi saat sekarang ini. Namun untuk menerapkan semuanya, tentu diperlukan fasilitas yang memadai terutama sekali laptop atau komputer dan tenaga admin. Pegawai yang ditunjuk sebagai tenaga admin harus dilatih terlebih dahulu.

“Pada penerapan program ini tenaga admin yang kita sediakan harus bisa mengoperasikan komputer atau laptop, “ ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Safrial Manangin mengatakan, sejalan dengan semangat untuk mewujudkan tata kepemerintahan yang baik, PPID juga memiliki kewenangan untuk mengoordinasikan setiap unit organisasi di pemrintahan Boltim dalam melaksanakan pelayanan informasi publik, “Informasi yang berdedikasi adalah siap melayani, dan melakukan pengawasaninternal dan evaluasi kinerja di setiap organisasi perangkat daerah, “ jelasnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan undang-undang no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), “ terangnya. (IWAN)

(Visited 81 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *