Pemkab Minahasa Tinjau Langsung Keberadaan Masyakat Minahasa di Papua

Sulutpos.com, Tondano – Keberadaan Masyarakat Minahasa di Pupua yang saat ini berada dalam daerah rusuh, Pemerintah Kabupaten Minahasa tinjau langsungakan keberadaan mereka.

Hal tersebut dikatakan Bupati Minahasa ir. Royke Oktavian Roring,M.Si Jumat ( 04/10) kepada sejumlah Wartawan di Kantor Bupati Tondano.

“ Kita menseriusi akan hal ini bersama pemerintah Provinsi, kami Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah mengirimkan Kepala Dinas Sosial dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama Tim Provinsi yang di utus oleh Bapak Gubernur Sulut dan Saat ini mereka sudah berada di Sentani dan sudah ada Komunikasi sengan Saudara kita yang ada di sana baik yang ada di pengungsian maupun dengan Kerukunan Kawanua di sana,” Kata Bupati Roring.

Dijelaskannya pula, Pihak Pemkab Minahasa sendiri bakal menfasilitasi jika ada masyarakat yang akan Kemballi ke Kampung Halamannya.

“Apa yang menjadi harapan dari saudara kita tentu akan di jawab oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dan di topang penuh oleh Pemerintah Provinsi karena kita ikut dengan tim yang ada di Pemerintah Provinsi, kalau ada yang mau minta pulang maupun akan tetap di sana kita akan menjawab apa yang mereka harapkan,” Jelasnya.

Bupati ROR sapaan akrabnya ini menerangkan pula, Keberadaan Warga Kawanua di Papua dijamin Keselamatnya.

“Semoga kita harapkan tidak ada lagi hal – hal yang di kawatirkan bagi saudara kita yang ada di sana karena respons dari masyarakat Papua secara umum menjamin akan keselamat mereka termasuk Pihak Aparat baik Kepolisian maupun TNI terlebih mereka di topang oleh Kerukunan Keluarga Kawanua di sana,” Terangnya.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan Pemkab Minahasa berfariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan warga Kawanua baik, Sentani,Jayapura, Maupun yang ada di Wamena.

“Total bantuan yang kita kirim tergantung dengan kebutuhan apalagi keterbatasan dana yang ada di kita. Ini sudah pada akhir tahun dan anggaran untuk bantuan yang tak terduga sudah sangat terbatas . Kita akan lihat apa 50 juta atau 100 juta.Kita akan lihat sesuai dengan kebutuhan,”Imbuhnya.

Sementara terkait dengan jumlah warga Minahas yang ada dalam daerah Konflik itu,Bupati ROR mengatakan masih menunggu laporan utusan yang berangkat kedaerah tersebut

“Memang masih semenara kita infentarisir akan jumlah mera di sana karena ada yang masih di Jayapura namun ada yang sudah di Sentani dan Wamena. Kita tunggu informasih yang ada di sana dan data detail dari saudara yang ada di sana,” Pungkasnya. ( Ody )

(Visited 44 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *