Prasongko: Kesadaran Masyarakat Berlalulintas Masih Rendah

SulutPos.com, Boltim — Minimnya Kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.Tingginya kecelakaan berlalulintas yang mengakibatkan kehilangan nyawa masih ditemui di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Demikian dikatakan Kapolsek Urban Kotabunan, Komisaris Polisi (Kompol) Didi Prasongko Kamis (17/10) melalui aplikasi WhatsAp. “Sebagian masyarakat masih kurang memahami pentingnya keselamatan berlalulintas, ini terbukti masih ditemuinya beberapa masyarakat yang masih tidak memakai Helm saat berkendara sepeda motor dijalan raya,” ungkapnya.

“Dari jumlah kematian akibat kecelakaan yang terjadi selama ini bagian terbesar dikarenakan luka di kepala. Luka tersebut dikarenakan pengendara tidak menggunakan helm. Dan juga pengendara roda dua dalam keadaan mabuk,” sambung Prasongko. Menurut perwira satu melati ini, sangat penting pengendara roda dua menggunakan helm, supaya kepala dapat dilindungi.

“Selain itu, kelengkapan surat surat kendaraan. Pengendara dan penumpang diwajibkan memakai helm berstandar nasional,” tuturnya. Dijelaskannya, di wilayah Kotabunan penyebab kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan kematian dikarenakan tidak menggunakan helm dan dalam keadaan mabuk. Sehingga dia berharap pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat selalu melengkapi surat surat kendaraan. Lampu kendaraan, Spion dan Reting (Lampu sein).

“Ada tiga faktor penyebab kecelakaan lalulintas.Pertama, karena faktor manusia. Kedua, faktor Kendaraan dan Ketiga faktor Alam atau Lingkungan,” jelasnya. “Kami berharap, orang tua tidak memberikan kendaraan bermotor bagi anak dibawah umur yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi atau SIM. Itu semua untuk keselamatan diri sendiri,” ujar Prasongko. (IWAN).

(Visited 2 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *