Tahun 2020,Pemkab Minahasa Keluarkan Perda Sampah Plastik

Sulutpos.com,Tondano – Digelar di Balai Pertemuan Umum ( BPU ) Tondano,Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) pimpin Rapat Koodinasi (Rakor) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tahun 2019 di BPU, kamis (17/10)

Dalam pertemuan tersebut Bupati Minahasa membahas tentang substansi rapat evaluasi di tahun 2019 dan finalisasi kegiatan tahun 2020, serta kinerja dari seluruh OPD, Kecamatan serta para hukum tua dan lurah.

Selain itu juga, dalam rapat ini membahas agenda-agenda dan program kedepan pada tahun 2020, termasuk didalamnya penanganan enceng gondok dan sampah.”Mulai tahun depan pemerintah akan membuat Perda sampah plastik, juga melarang penggunaan air mineral dalam kemasan plastik kecil dan sedang,”kata ROR.

Bupati ROR sapaan akrabnya menginstruksikan kepada seluruh Hukum Tua (Kumtua) dan lurah, agar harus membudayakan alat musik dan tarian tradisional yaitu, kolintang, musik bambu, cakalele katrili dan maengket, agar supaya jati diri minahasa tetap melekat di diri kita warga Minahasa.”Instruksi ini juga untuk dinas pendidikan untuk pelajaran muatan lokal, didalamnya bahasa daerah wajib terapkan diseluruh sekolah-sekolah agar bahasa daerah dapat terus dilestarikan kepada anak cucu kita,”ujarnya.

Sentara dalam rapat ini juga ada beberapa poin penting yang disampaikan bupati kepada camat, lurah dan Kumtua, diantaranya mengaktifkan poskamling dan operasi justisia, kebersihan wilayah menghadapi musim hujan, Pencapaian dan realisasi pajak bumi dan bangunan, Keikutsertaan dalam mensukseskan agenda-agenda dalam rangka hari jadi minahasa ke-591, Efektifitas pelaksanaan dana desa dan dana kelurahan. Sinergitas perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan dan Verifikasi kepesertaan bpjs kesehatan serta respon cepat dan proaktif kepada seluruh jajaran untuk melihat keluhan dan kondisi masyarakat yang disampaikan lewat R3D Center.

 Turut hadir dalam Rakor tersebut Penjabat Sekda Kabupaten Minahasa Frits Muntu,S.Sos. Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Denny Mangala,M.Si. Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Drs. Hanes D. Wagey,MBA. Inspektur Alfa Montong. Kadis PMD Djeffry Sajow,SH.( Ody)
(Visited 56 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *