Meriah,Hari Jadi Minahasa ke – 591 dan JPI Sukses di Gelar

IMG-20191105-WA0151

Sulutpos.com,Tondano – Lima Hari di Gelar, Perayaan memperingati Hari Jadi Kabupaten Minahasa Ke – 591 berlangsung Meriah dan Sukses.

Dihari puncak, Selasa ( 05/11) perayaan akbar ini, sejumlah kegiatan diagendakan yakni Upacara Bendera bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa di Lapangan Taman God Bless Tondano pukul 09.00 wita, dan tampil sebagai Isnpektur Upacara, Bupati Ir.Royke Oktavian Roring M.Si.

IMG-20191105-WA0122

Dalam upacara Bendera yang dihadiri Wakil Bupati Robby Dondokambey SSI.MM juga Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP dan Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey Lengkong,serta Forkopimda Minahasa, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Kepemudaan,itu dibacakan sejarah Singkat Minahasa dan Penyerahan Penghargaan dan Tunjangan Pensiun bagi Aparatur Sipil Negara ( ASN) yang telah habis masa dinasnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dalam Rapat Sidang Paripurna Istimewa di Gedung Wale Ne Tou Minahasa yang dipimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE dan dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, ( OD) dan Wakil Gubernur Drs.Steven OE Kandouw.

FB_IMG_1573011976021

Usai dibuka Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Minahasa ke – 591 ini, dilangsungkan pula Prosesi gelar adat Tonaas Wangko Umbanua yang diberikan kepada Gubernur Olly Dondokambey. Dalam Prosesi ini, Sembilan suku Minahasa yang dipimpin Ketua Majelis kebudayaan Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring satu meja dan meremukan pemberian gelar adat itu.

Glady Kandouw saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa mengatakan Moment hari Jadi Minahasa adalah wahana mengisi pembanguan di Minahasa.

FB_IMG_1573012004075

Kandouw pun mengapresiasi pemerintah Provinsi Sulut dengan Program OD SK nya,” Atas nama rakyat minahasa kami mengapresiasi akan program OD SK yang Sudah,Sementara dan akan berjalan guna kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.Begitupun dengan pengembangan Ekonomi Pendidikan dan Pariwisata,” kata Ketua Dewan.

Disamping itu apresiasi yang samapun diberikan kepada Pemkab Minahasa dibawah kepemerintaha ROR – RD yang bole menjadikan kabupaten sebagai tuan rumah Nasional dan Internasional, Semoga Kabupaten Minahasa akan lebih dikenal dan akan menciptakan pemuda yang berkarakter guna membangun bangsa,” Ujarnya.

FB_IMG_1572945077728

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan keberhasilan Minahasa sampai saat ini taklepas dari jasa Pemimpin Minahasa sebelumnya,” Keberhasilan ini tidak lepas pemimpin terdahulu. sampai hari ini sudah ada 37 kepala daerah kebanggan bagi kita, minahasa bisa membawa kehangatan. Minahasa menjadi sumber kehidupan masyarakat,” Kata OD.

Diakui OD, Kabupaten Minahasa masih memiliki permasalahan terkait keberadaan Danau Tondano dengan menjamurnya Eceng Gondok.

” Danau Tondano adalah pusat Kehidupan orang Minahasa, bukan saja Minahasa namun warga Kota Manado, jadi tahun 2020 kita akan bantu pengangkatan eceng gondok ini dan anggaran bantuannya 20 Miliar Rupiah. Supaya cepat bersih,” ujarnya.

IMG20191105125950

Sementara dalam pemerintahan OD berpesan akan kerja sama semua pihak guna kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat ” Banyaka hal yang akan kita lakukan namun ada kerja sama dalam koreksi, dan Intropeksi sebagai perbaikan agar supaya masyarakat Sulut terlebih minahasa merasahakan akan adanya pemerintah di tengah masyarakat.Kedepan kita akan lanjutkan pembagunan Daerah,dan dalam rangka mempercepat pembangunan kita tingkatkan akan SDM,” Jelas Gubernur sembari berpesan untuk terus menjaga keamanan dan kedamaian di tanah Toar Lumimuut,” Akan banyak orang yang datang di Minahasa karena kita aman, jadi mari terus kita pertahankan keamanan dan kenyamannya.Kalau ada permasalahan mari dibicarakan bersama,Dialog sangat perlu,kita berdialog dengan baik sehingga menghasilkan yang terbaik karena Torang Samua Basudara,Torang Samua Ciptaan Tuhan,” Pungkasnya.

IMG-20191105-WA0149

Mendahului Gubernur Sulut, Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring M.Si dalam prakatannya menuturkan momentum hari jadi Minahasa akan memotifasi seluruh komponen baik pemerintah maupun masyarakat unyuk bersinergi mempercepat pembangunan menuju Minahasa semakin hebat dan semakin maju.

” Minahasa merupakan daerah tertua di Sulut yang dibentuk atas kesepakatan pimpinan adat dan pakasaan, sebelum akhirnya ditetapkan dengan Undang-undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah tingkat II di Sulawesi. Hal ini berarti Minahasa selama ini menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk kearifan lokal yang masih dipertahankan secara turun temurun sampai saat ini yaitu berbagai budaya kita termasuk Mapalus. Momentum Hari Jadi Minahasa ini adalah saat tepat untuk menunjukan jati diri kita yang dikenal, masyarakat pekerja keras dan komitmen menjaga kerukunan,” Terang Bupati

Menurutnya,semangat yang dilandasi sifat tou Minahasa yakni masawang-sawangan, malinga-lingaan, maleos-leosan, harus tetap dipertahankan demi kemajuan daerah ke depan.

FB_IMG_1573011968087

” Memasuki era industri 4.0 yang juga era digitalisasi, warga Minahasa kiranya dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas di berbagai sektor, termasuk memagari kearifan lokal yang dimiliki lewat budaya yang diajarkan leluhur, serta kemajemukan yang tetap terjaga dari waktu ke waktu,” Imbuhnya seraya mengucapkan selamat kepada Gubernur Olly Dondokambey yang dikukuhkan sebagai Tonaas Wangko Um Banua.

Dalam rapat paripurna yang diikuti seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemkab Minahasa, Forkopimda Minahasa, para Mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, para Mantan Pimpinan DPRD Minahasa, Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Tamuntuan, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar SH, Wakil Bupati Mitra Drs Joke Jesaja Legi, Wakil Bupati Bolmut Drs Amin Lasena, Wakil Bupati Bolmong Yanny Tuuk, serta tamu undangan lainnya ini dilangsungkan peniupan lilin HUT ke – 591 dengan kue kas Minahasa.

IMG-20191105-WA0155

Sore harinya pukul 15.00 WITA, pagelaran Festival Danau Tondano, berlangsung di Monumen Benteng Moraya Tondano, yang diramaikan dengan Lomba Karnaval Bendi, Lomba Musik Kolintang dan Lomba Tari Maengket.

Perayaan puncak Hari Jadi Minahasa ini kemudian diakhiri dengan penutupan Minahasa Expo 2019, yang berlokasi di Stadion Maesa Tondano, pukul 19-00 WITA, sekaligus dirangkaikan dengan penutupan Jambore Pemuda Indonesia 2019.

Pada malam penutupan ini juga sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-591, penyerahan penghargaan kepada Kecamatan-kecamatan yang lunas pajak 100 persen tahun 2019, kemudian diakhir dengan pesta kembang api.

FB_IMG_1573006305618

Yang menambah semarak dan spesial perayaan HUT Kabupaten Minahasa tahun 2019 ini, Minahasa dipercayakan sebagai tuan rumah Jambore Nasional Pemuda Indonesia ( JPI) dimana 34 Provinsi perutusan Pemuda se Indonesia turut serta dalam memeriakan pesta akbar ini dengan menampilkan tarian adat dan memperlihatkan kekayaan daerah asal selama HUT Minahasa berlangsung.( Ody)

(Visited 441 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *