Chat kami sekarang

Strategi Pemkab Minahasa Berantas Eceng Gondok di Danau Tondano

Sulutpos.com,Tondano – Eceng Gondok yang menyebar di Danau Tondano terus menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Minahasa. Disamping wilayah Danau yang cukup luas,perkembangan tanaman gulma inipun sangat cepat.

Namun permasalahan ini terus diseriusi Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah Kepemimpinan Royke Oktavian Roring sebagai Bupati dan Robby Dondokambey selaku Wakil Bupati,diantaranya dengan masukan Danau kebanggaan ini masuk dalam 15 Danau Perioritas pemeliharaan pemerintah Pusat.

Disamping itupun,Pemkab Minahasa terus eksis mengangkat akan Eceng gondok Dengan berbagai strateginnya.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati sangat serius untuk mengatasi persoalan eceng gondok ini. Ada berbagai upaya yang saat ini dilakukan mengingat penyebarannya sudah sampai di sungai Tondano. Alat-alat berat baik dari Pemkab Minahasa maupun PLN sudah disiagakan untuk mengangkat dan membersihkan eceng gondok dari sungai,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Minahasa, Maya Marina Kainde SH, MAP, Rabu (27/11)

Juru bicara Pemkab Minahasa ini mengatakan, penyebaran eceng gondok di sungai Tondano diakibatkan faktor alam. “Waktu lalu angin selatan yang bertiup kencang membawa masuk eceng gondok ke sungai. Dan karena tanaman ini perkembangannya memang sangat cepat maka membuat jalur sungai tertutup. Tapi Pak Bupati dan Wakil Bupati sudah menginstruksikan untuk melakukan upaya pembersihan,” katanya.

Ada berbagai cara yang dilakukan Pemkab Minahasa untuk menanggulangi eceng gondok di Sungai Tondano. Selain pengangkatan dengan alat berat, pada Sabtu pekan ini juga akan diadakan lomba pengangkatan eceng gondok di Sungai Tondano.

“Memang penanganan eceng gondok harus dilakukan secara berkesinambungan. Rencananya tahun 2020 mendatang Pemkab Minahasa juga akan bekerjasama dengan pihak TNI Polri dan pihak lembaga sosial gereja serta seluruh masyarakat untuk mengendalikan eceng gondok di Danau Tondano. Untuk itu mohon dukungan dari seluruh masyarakat sehingga persoalan ini bisa segera terselesaikan,” pungkas Kainde.( Ody

(Visited 101 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *