Chat kami sekarang

KPU Sulut Gelar Sosialisasi Calon Perseorangan Pilkada 2020

Sulutpos.com,Tondano – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Utara ( Sulut ) gelar sosialisasi Calon Perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020.

Kegiatan yang digelar di Aston Hotel Manado, Rabu ( 04/11) ini dihadiri sejumlah lembaga terkait,yakni unsur Polri,TNI,LSM,Pemerhati Pemilu,Perutusan Mahasiswa,serta Sejumlah Wartawan Liputan KPU Sulut.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan tujuan sosialisasi yang digelar guna menarik minat warga Sulawesi Utara untuk mendaftar dalam Pencalonan Kepala Daerah 2020.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi para bakal calon kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan maju di Pilkada serentak 2020 mendatang. Salah satunya syarat dukungan untuk calon independen atau perseorangan wajib menyertakan surat pernyataan dari pemilik KTP,” kata Mewoh

Lebin lanjut dijelaskannya, masyarakat perlu memahami dan mengetahui persis bagaimana mekanisme ketika akan menjadi calon perseorangan dalam Pilkada nanti.

Bahkan dikatakan Mewoh jika siapa saja bisa mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon melalui jalur perseorangan.
“Kalau mendaftar siapa saja bisa, karena nanti kami akan melihat apakah sesuai ketentuan atau tidak. Seperti dokumen persyaratan maupun hal lain yang terkait aturan,” jelas Mewoh.

Selain itu menurutnya untuk penyerahan dokumen persyaratan akan dilakukan mulai 16 sampai 20 Februari 2020. Karena setelah itu untuk dukungan terhadap bakal pasangan calon akan diverifikasi faktual lagi. Hal itu guna mengetahui dan memastikan apakah dukungan itu benar diberikan serta sesuai aturan atau tidak.

Jika nantinya ditemukan tak sesuai dan menyalahi aturan maka dukungan tersebut akan langsung dicoret.
Sementara Koordinator Divisi Parmas KPU Sulut Salman Gansalangi menjelaskan bahwa dalam sosialisasi itu pihaknya melibatkan sejumlah Ormas, LSM maupun Pers. Dengan harapan melalui elemen ini tahapan tersebut bisa diketahui masyarakat Sulut.(Ody)

(Visited 126 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *