Chat kami sekarang

KPU Sulut Sosialisasikan Pencalonan Perseorangan di KPU Kabupaten/Kota

( Foto Cover : Ketua KPU Sulut DR.Ardiles Mewoh saat memberikan sambutan)
Ketua Divis Teknis KPU Sulut,Yessy Momongan
Ketua Divis Teknis KPU Sulut,Yessy Momongan

Sulutpos.com,Tondano – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sulawesi Utara ( Sulut ) datangi setiap Kabupaten dan Kota guna mensosialisasikan Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020.

Dari pantauwan Wartawan Media ini, Sabtu,(07/11) dibawah pimpinan DR.Ardiles Mewoh,yang adalah Ketua KPU Sulut, beserta Komisioner Yessy Momongan, S.Th,M.Si yang adalah Ketua Divisi Teknis mensosialisasikannya di Kabupaten Minahasa.

” KPU Sulut dalam hal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur terus melakukan sosialisasi terhadap semua tahapan pemilihan diantaranya pencalonan calon perseorangan,” Kata Ketua Ardiles Mewoh.

Lebih lanjut dijelaskannya,KPU berkeinginan seluruh masyarakat mengetahui tahapan Pilkada sementara berjalan,”Kami berkeinginan seluruh masyarakar tau bahwa ada pencalonan dari perseorangan walaupun sebagian besar besar orang sudah tau,” Ujarnya.

Dalam pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ),pihak KPU sendiri terdapat dua jalur pencalonan yakni melalui Partai Politik serta Pencalonan Perseorangan.

” Ada dua jalur pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 ini yakni lewat partai Politik serta Perorangan.Namun dalam peryaratannya banyak yang belum tau.Jadi kami berharap, kita menjadi medium untuk perpanjangan tangan bagi masyarakat.baik stakehorder dalam melaksanakan semua tahapan pemilihan sehingga berjalan sesuai dengan ketentuan Perundang – Undangan dan berjalan aman dan damai,”Terang Mewoh.

Untuk Pilkada 2020 ini, Mewohpun meminta masyarakat Kabupaten Minahasa akan bekerja sama dengan pihak Penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi Pemilih.

” Yang kami inginkan adalah partisipasi masyarakat dalam TPS pemilihan ini meningkat.Dalam pemilu lalu,partisipasi masyarakat untuk Provinsi Utara masuk angka 83 persen.Sangat di sayangkan nanti kalau dalam pemilihan pemilukada turun jadi kita sangat berharap partisipasi masyarakat akan naik dipemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur nanti,”Pintanya.

Sementara Yessy Momongan dalam penjelasan calon perorangan menerangkan jumlah Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang bakal dikumpulkan setiap calon perorangan berjumlah 190812 KTP.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, minimal dukungan calon perseorangan yang maju dalam Pilgub berkisar antara 6,5 persen hingga 10 persen dari jumlah pemilih. Dalam Daftar Pemilih ( DPT) Pemilihan Umum yang baru lewat terdata 1.908.115 jumlah pemilih, itu berarti calon perorangan harus mengumpulkan KTP berjumlah 190.812 KTP yang terbagi di 8 Kabupaten dan Kota se Sulut,” Kata Momongan.

Lebih lanjut dijelasakannya,bakal calon ini wajib mempersiapkan operator yang bakal menginput setiap data pendung sesuai dengan jadwal uang ditetapkan KPU.

” Ada 30 hari,dan dimulai dari tanggal 16 Desember ini data pendukung wajib diisi dalam aplikasi Silon (Sistem Aplikasi Pencalonan) yang disiapkan KPU.Operator ini akan kita beri bimbingan teknis ( Bimtek ) terkait pengisian datanya,”Imbuhnya.

Hadir dalam sosialisasi ini, Ketua KPU Minahasa Lord CH Malonda,serta Komisioner Rendy Suawa,Kristoforus Ngantung, Lidya Malonda serta Piter Mawikere.dari Perutusan Bawaslu Minahas Donny Rumagit,serta Polres Minahasa Kasat Intel Polres Minahasa

( Ody)

(Visited 39 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *