Chat kami sekarang

Pemuda Katolik Sulut Gelar Latihan kepemimpinan

Sulutpos.com,Tondano – Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM), di Lotta Pineleng, Kabupaten Minahasa, Jumat (6/12).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu (8/12) ini diikuti oleh kader Pemuda Katolik yang berasal dari berbagai Komisariat Cabang (Komcab) yang ada di Sulut.

KKM yang mengambil tema ‘Membentuk Kader Gereja dan Bangsa yang Militan dan Tangguh di era Industri 4.0’ ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Sekretaris Keuskupan Manado Pastor John Montolalu Pr.

Dalam kotbahnya, Pastor John mengatakan, KKM merupakan bentuk penguatan organisasi. Di mana, kata Pastor John, KKM wajib dilaksanakan dan harus diikuti oleh siapapun yang ingin dikenal sebagai kader Pemuda Katolik.

“Dalam satu konteks, Pemuda Katolik laksana lahan pastoral dan kaderisasi dalam konteks gereja dan bangsa. Dengan adanya kegiatan seperti ini
Pemuda Katolik tidak mau tampil sebagai lahan mati tapi tampil sebagai lahan yang produktif, mau menghasilkan buah yang sehat,” ungkap Pastor John yang juga Moderator Pemuda Katolik Komda Sulut.

Pastor berharap, Pemuda Katolik bisa menghasilkan buah yang sehat dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Semoga yang kini dibuat berkenan kepada gereja bangsa, sehingga menghasilkan kader yang militan dan tanggap,” tutur Pastor John, yang turut membuka secara resmi KKM tersebut.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Sulut Lexi Mantiri, dalam sambutannya mengatakan, KKM adalah program wajib dari pengurus Komda.

“Sesibuk apapun Pemuda Katolik melakukan kegiatan, kalau tidak melakukan KKM itu berarti Pemuda Katolik tidak berbuat apa-apa. Karena sesuai AD/ART, satu program wajib yaitu KKM,” katanya.

Dia berharap, melalui KKM ini, akan lahir kader-kader pemimpin yang berasal dari Pemuda Katolik untuk bisa tampil di tengah gereja dan masyarakat.

“Soal kepemimpinan, pada intinya lewat KKM ini kita diharapkan bisa menjadi pemimpin atau kader yang punya kemampuan untuk mempengaruhi, membujuk dan mengarahkan baik di organisasi sampai di tengah masyarakat,” pungkasnya didampingi Ketua Tim Kerja Novita Simbala

Para peserta dibekali materi oleh Kris Ludong Pr, Inganisius Werelubun MSC, Cardo Renwarin MSC, DR Valentino Lumowa, Jones Pontoh SE MM, Maxi Watung dan Rico Ngangi.
Selain itu para peserta melakukan Eskursi Sosial di TPA Sumompo.
Kegiatan diikuti 30 Kader PK dari Komcab se Sulut.( Ody)

(Visited 23 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *