Apresiasi Pemkab Minahasa, Ini Alasan BAN Liow Minta Warga Sulut Peduli Danau Tondano

Sulutpos.com,Tondano – Pasca di canangkannya Pengangkatan tumbuhan eceng gondok di Danau Tondano oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah Pimpinan Bupati Ir.Royke Oktavian Roring,M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey,S.Si pada 06 Januari lalu dan kini tengah gencar – gencarnya di laksanakan, berbagai apresiasipun datang dan salah satunya Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ( DPD- RI) Ir.Stevanus BAN Liow.

Menurut Senator asal Sulawesi Utara penyelamatan Danau Tondano ini adalah kewajiban seluruh warga Sulawesi Utara ( Sulut ), dan alasan mendasar karena warga Sulut merasakan manfaat Danau Tondano.

” Manfaat Danau Tondano ini sangat banyak, yakni Sumber Air Minum, Sumber Tenaga Listrik,Sumber potensi pariwisata Minahasa,dan Sumber Perekonomian. Jadi tidak ada alasan warga Sulut tidak terlibat dalam pelestarian Danau, apalagi dengan permasalahan adanya pendangkalan yang salah satu penyebab adalah berkembang pesatnya tumbuhan eceng gondok,” Kata Liow saat shering dengan sejumlah Anggota Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Minahasa dan tokoh lintas Pemuda,Sabtu (18/01) di salasatu Rumah Kopi Kawangkoan.

Dijelaskannya, tumbuhan eceng gondok  jangan hanya dijadikan sampah saja saat diangkat dari Danau. Namun dapat dimanfaatkan sehingga bole membawa keuntungan bagi rakyat lewat pengembangan usaha kecil.

” Harus dicari terobosan sehingga tumbuhan eceng gondok tersebut dapat diolah serta dimanfaatkan, misalnya dengan dijadikan sumber enegi solarcell,Pupuk,pakan ternak, sofenir dan sebagainya.Jangan hanya dijadikan sampah,” Jelas Liow yang didampingi Istri Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP,

BAN liowpun  mengapresiasi Jajaran Pemkab Minahasa serta Stakeholder lain yakni TNI,Polri,Pihak Gereja,Ormas,Tokoh Masyarakat yang telah berkomitmen membersihkan tanaman gulma ini.

” Kami sangat mengapresiasi akan semua stakeholder yang sudah peduli dengan keberadaan Danau Tondano.Kita semua harus terlibat seacara bersama – sama, namun diharapkan pula masyarakat dipesisir Danau Tondano lebih proaktif,apalagi mereka yang ada usaha jaring,sehingga masyarakat luas akan termotifasi,” Lanjutnya.

Terkait pengembangan pariwisata Danau Tondano,Liow berharap pemkab Minahasa kembali mengalakan festival danau dengan mengandeng warga Minahasa yang telah berhasil luar Sulawesi Utara.

” Kalau bisa Festifal Danau Tondano kembali digalakan namun jauh sebelum pelaksanaanya sudah dipromosikan baik lewat sosial media maupun pemberitaan- pemberitaan,dan kalau bisa Warga Minahasa yang sudah berhasil diluar daerah ada program pulang kampung,” Harapnya.

” Memang kalau pengembangan destinasi wisata hanya dikelola pemerintah kabupaten saja sangat terbatas anggarannya, jadi mungkin perlu ada kerja sama dengan para investor dan kita tonjolkan ikon pariwisata dari Danau ini,” Pungkasnya.( Ody)

(Visited 180 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *