Belum Pasti Kapan Digelar, Pemkab Minahasa Anggarkan Dana Pilhut 24 Juta Perdesa

Sulutpos.com,Tondano – Minahasa masih miliki 99 Desa yang Hukum tuanya adalah pejabat, dan rencana bakal digelar pada tahun 2020 ini.

Namun kejelasan kapan hari dan waktunya belum pasti,pasalnya menurut Asisten pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Dr.Denny Mangala,M.Si pihaknya sementara melakukan perencanaan dan kajian terkait Pilhut tahap tiga ini.

“Untuk Pilhut tahap tiga masih dalam kajian. Untuk waktu pelaksanaanya masih sementara dibahas, terutama untuk menyesuaikan dengan tahapan Pilkada agar tidak mengganggu proses pilkada Sulut. Yang paati tidak pada awal tahun ini,”kata Mangala, Senin (21/01) kemarin.

Yang jelas kata Mangala, untuk Pilhut akan dilaksanakan tahun 2020 ini apalagi anggarannya sudah ditata di APBD 2020 sekira Rp2,3 miliar. “Tahapan pilhut sendiri memakan waktu panjang selama 105 hari. Sedangkan, petunjuk dari Kemendagri untuk pilhut tidak bisa bersinggungan dengan agenda politik nasional termasuk Pilkada serentak.Saat ini, sedang dikaji apakah dimungkinkan digelar sebelum atau sesudah Pilkada serentak bulan September nanti,”ujarnya.

Dijelaskannya pula, dalam pemilihan hukum tua nanti, setiap desa telah dianggarkan kucuran dana 24 juta rupiah dan Pilhut gelombang akhir ini dilaksanakan  berdasarkan parameter yang menjadi syarat desa.

“Anggaran per desa 24 juta rupiah, Parameternya adalah, penjabat atau Plt kumtua di desa tersebut, masuk masa prioritas maka wajib dilaksanakan pemilihan. Kedua, mungkin ada masalah lain di desa yang mengharuskan untuk segera melaksanakan Pilhut, seperti penjabat yang sudah tidak disukai masyarakat setempat,” jelas Mangala.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan Pilhut , ketentuannya masih seperti pelaksanaan yang sebelumnya, bahwa tidak ada kampanye mengarah ke Money Politics.

“Sejatinya, Pilhut tidak ada pesta pora, membuat bangsal, mengumpul masa dan tim sukses, tidak ada money politik dan bagi-bagi sembako serta sebagainya,” tutup Mangala.

Senada Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung SH.MAp mengatakan pelaksanaan Pilhut pasti digelar tahun 2020 ini namun waktunya belum ditentukan.

“Tahun 2020 ini kita pasti menggelar pemilihan hukumtua di 99 desa. Anggarannya sudah ada namun kepastian kapan digelar itu sementara dibahas.Kita tunggu saja,” Kata Tangkulung

Kerinduan 99 Warga yang menantikan pemilihan hukum tua di memang sudah sangat dirindukan, “Yang pasti pelaksanaan pilhut harus dilakukan tahun ini. Karena memang ada desa yang mempunyai pejabat hukum tua sudah sampai enam tahun.Jadi sebaiknya pilhut dilaksankan tahun ini, usai pilkada,” ujar warga.(Ody)

(Visited 146 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *