Dituding Tak Peduli Keberadaan Danau Tondano, PT PLN Akhirnya Angkat Bicara

Sulutpos.com,Tondano – Setelah sebelumnya sempat diberitakan sikap PT Pembangkit Listrik Negara ( PLN) yang tidak memberikan sumbangsinya dalam Penangana Eceng Gondok di Danau Tondano oleh Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Minahasa akhirnya pihak PT PLN angkat bicara.

Menurut Sonny Lembong, Manager UL Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tonsealama, kepada wartawan media ini saat disambangi dikediaman Desa Tonsea Lama, Rabu (23/01) mengatakan, pihaknya terus berupaya membersihkan Danau Tondano baik dengan kerja baki maupun pengunaan alat berat.

“Kami juga sudah turut terlibat langsung mengangkat eceng gondok di Danau Tondano, baik melalui kerja bakti dengan melibatkan personil PLN, juga melibatkan alat berat jenis Ekskavator milik PLN,” kata Sonny.

Namun dirinya mengakui bisa saja pak Bupati tidak mendapatkan Informasi terkait kerja PLN dalam pembersihan DAS Ini.

“Bisa juga Bupati menyimpulkan kami tidak mendukung penyelematan Danau Tondano ketika waktu itu beliau melihat bahwa eceng gondok di Sungai Tondano sangat banyak. Padahal kami aktif mengangkat itu, hanya saja eceng gondok yang masuk dari Danau cukup banyak sehingga kelihatan kami tidak mengangkat padahal ada,”terangnya.

“Atau mungkin saja Bupati mengambil kesimpulan seperti itu dikarenakan, pernah ada undangan dari Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dan Pemkab Minahasa untuk hadir pertemuan pada akhir tahun lalu, namun undangan itu tidak sampai kepada kami dan akhirnya kami tidak bisa hadir sehingga mungkin akhirnya dianggap tidak mendukung program pemerintah,” ujar Sonny sembari menjelaskan satu unit Eksavator milik PLN siap diperbantukan dan gabung bersama Eksavator yang disediakan pemerintah.

” Sore ini satu eksavator kita akan terjunkan untuk membantu mengangkat Eceng gondok di Danau Tondano,” Lanjutnya.

Menepis kesalah pahaman ini, pihak PLN sendiri bakal bertemu langsung dengan Bupati Minahasa untuk meluruskan hal ini dalam waktu dekat. “Tapi yang pasti kami akan melakukan pertemuan langsung dengan Bupati dalam waktu dekat, dan juga akan melibatkan media,” Pungkasnya.

Sementara dalam pemberitaan Media ini sebelumnya Bupati Ir.Royke Oktavian Roring M.Si pihak PT PLN yang tidak peduli dengan keberadaan Danau Tondano.

” Yang kita sayangkan adalah PLN tidak menunjukan kepedulian terhadap pelestarian Danau Tondano, mungkin yang lalu ada, namun semasa saya menjabat sebagai Bupati tidak menunjukan kebersamaan untuk mengatasi Danau,” kata Bupati kepada wartawan disela kegiatan bakti karya peduli Danau yang digelar Kodim 1302 Minahasa, Selasa (21/01)

Bupati ROR mengatakan pihak PLN hanya melayangkan berbagai protes akibat keberadaan tumbuhan Eceng Gondok di seputaran Daerah Aliran sungai ( DAS),” Mereka ( Pihak PLN Red) hanya datang protes bahwa ada eceng gondon di saluran padahal keberadaan danau tondano ini sumbangsinya sangat besar untuk PLN, ” cetus Bupati. ( Ody )

(Visited 1.258 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *