Peserta KKN Unima Dapat Pembekalan Hukum Dari Kejaksaan Minahasa

Sulutpos.com, Tondano – Kejaksaan Negeri Minahasa memberikan edukasi tentang hukum kepada mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kamis (23/1/20) bertempat di auditorium Unima Tondano.

Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH, MKn yang di wakili Kepala Seksi Intelejen Nofrianto Sihombing, SH memaparkan tentang hukum dan undang-undang. Termasuk membahas soal tindak pidana korupsi, anti Narkoba dan penggunaan Dana Desa.

Ia menyatakan, alokasi dana desa yang sangat besar harus berbanding lurus dengan pembangunan di desa. “Tapi beberapa kasus masih ada bentuk penyimpangan seperti peruntukan yang tidak sesuai. Jika pada waktu masa KKN ada terdapat kejanggalan tentang pembangunan infrastruktur dana desa, mahasiswa bisa melaporkan kepada kejaksanaan,” jelasnya.

Kepada mahasiswa, kata Sihombing, saat melalukan penindakan hukum itu sesuai aturan. Itu demi penegakan hukum yang benar-benar adil.
“Intinya kami kapan pun siap memberikan pemaparan kepada siapa pun mengenai masalah hukum, termasuk kepada mahasiswa,” tuturnya.

Selanjutnya, Sihombing berpesan agar mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan itu bisa tetap kritis terhadap perkembangan yang ada di masyarakat. “Sikap kritis ini yang bisa membuat kita, termasuk mahasiswa di sini tergerak untuk melakukan suatu tindakan maupun  penegakan hukum preventif maupun represif,” pungkasnya.

Tak hanya melaksanakan program Jaksa Masuk Kampus, Kejari juga melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah. Tak lupa, Kejari Minahasa juga melakukan penyuluhan kepada desa-desa terkait penggunaan dana desa.

(***)

(Visited 3.293 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?