Chat kami sekarang

ROR Sesalkan PLN Tak Peduli Keberadaan Danau Tondano

Sulutpos.com,Tondano – Ditengah gencarnya program pembersihan Danau Tondano oleh Pemerintab Kabupaten Minahasa dari Tanaman Gulma Eceng Gondok ternyata tidak ditunjang Pihak Pembangkit Listrik Negara ( PLN) dan hal itu disesalkan Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring,M.Si.

” Yang kita sayangkan adalah PLN tidak menunjukan kepedulian terhadap pelestarian Danau Tondano, mungkin yang lalu ada, namun semasa saya menjabat sebagai Bupati tidak menunjukan kebersamaan untuk mengatasi Danau,” Cetus Bupati kepada wartawan disela kegiatan bakti karya peduli Danau yang digelar Kodim 1302 Minahasa, Selasa (21/01)

Disesalkannya, pihak PLN sejauh ini hanya melayangkan berbagai protes akibat keberadaan tumbuhan Eceng Gondok di seputaran Daerah Aliran sungai ( DAS),” Mereka ( Pihak PLN Red) hanya datang protes bahwa ada eceng gondon di saluran padahal keberadaan danau tondano ini sumbangsinya sangat besar untuk PLN, ” tegasnya.

Namun dibalik ketidak pedulian Pihak PLN dalam membatu program pembersihan Danau, dirinya optimis 2020 tumbuhan eceng dapat teratasi.

” Kita optimis enam, tujuh bulan masalah eceng gondok dapat teratasi, ” kata Bupati.

Menurut ROR sapaan akrabnya bantuan yang datangnya dari pusat, Provinsi dan dari anggaran dana Kabupaten akan sangat membantu pemberantasan eceng gondok ini,”Dari pemerintah Provinsi dengan prgram OD – SK sudah menganggarkan 20 miliar untuk pengadaan peralatan alat berat dan operasional alat ini begitupun Anggaran APBN lewat Balai Sungai menganggarkan 20 Miliar pembanguan tembok juga anggaran Provinsi 20 Miliar sementara Kabupaten Minahasa 6.6 Miliar,” Jelasnya. Sembari berharap anggaran APBN dapat bertambah dikarenakan keberadaan Danau Tondano yang masuk di sala satu Danau Strategis Nasional.

” Kita berharap terutama APBN tidak hanya 20 Miliar,kalau 20 Miliar Ukuran APBN kecil. Kalau 20 Miliar ukuran provinsi sudah cukup membantu namum 6 miliar ukuran kabupaten sudah sangat besar sekali.Danau Tondano adalah Danau Strategis Nasional,Dasnya Strategis Nasional tanggung jawab utama ada di Nasional namun keberadaanya wilayah saja di Minahasa,” Pungkas Bupati.(Ody)

(Visited 628 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *