Setiap Jumat, THL Dan ASN Wajib Turun Danau Tondano Bersihkan Eceng Gondok

Sulutpos.com,Tondano – Setelah dilakukan pencanangan Lewat Operasi Daerah Selamatkan Danau Tondano oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerja sama dengan TNI,Polri serta semua element masyarakat didalamnya LSM,Ormas juga unsur Gereja yang pengerjaanya dimulai serentak,Kamis (11/01) maka setiap hari Jumat seluruh THL, ASN serta jajaran Pemerintahan wajib turun bersihkan Danau Tondano.

“Kedepan seluruh THL, ASN setiap hari jumat wajib mengangkat Eceng gondok, ” Kata Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring M.Si lewat Pejabat Sekretaris Daerah Ir.Ronald Sorongan M.Si saat di wawancara sejumlah wartawan.

Dijelaskannya pula, pelibatan seluruh THL dan ASN dalam pengerjaan ini bukan hanya berlaku bagi Kecamatan di pesisir Danau saja.

” Itu bukan hanya pemerintah yang ada di Kecamatan Tondano namun pemerintah yang ada di Kecamatan lain seperti Kecamatan Tombariri, Kawangkoan, Sonder pokoknya 25 Kecamatan wajib terlibat. Setiap hari jumat kirim pasukan dan satu unit truk,” Jelasnya.

Sorongan mengakui dalam pengangkatan tanaman gulma ini perlu ditopang alat berat seperti Eksavator juga perahu.

“Nanti kita perlu peralatan penunjang karena kalau hanya mengandalkan tenaga manusia tidak maksimal. Makanya kita perlu dukungan eksavator dan truk untuk mengangkat termasuk peratan lain yakni perahu,jaring dan tali,” Terangnya.

Sementara disinggung tempat penampungan eceng gondok pasca di angkut dari Danau, Sekda menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah lokasi tempat pembuangan.

” Untuk tempat pembuangan nanti kita sudah siapkan baik di Tampusu Kecamatan Remboken maupun TPA Kulo namun ada juga disekitar Danau yang sudah kita lakukan revitalisasi yakni disebelah tanggul yang sudah dibuat oleh Balai Sungai,” Pungkasnya. ( Ody)

(Visited 56 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *