Chat kami sekarang

Tahapan Pilkada Mulai Berjalan, Bawaslu Himbau ASN Netral

Sulutpos.com, Amurang – Tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di Minahasa Selatan (Minsel) mulai berjalan.

Terkait tahapan ini,Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Selatan (Minsel) mengimbau agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral dalam gelaran pilkada yang prosesnya sudah mulai berjalan.

“Tahapan Pillada mulai berproses.Kami menghimbau skaligus warning bagi ASN di Minse tetap netral dalam tahun politik ini,” tegas Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Minsel, Frany Sengkey, Senin (20/01).

Dia menjelaskan, aturan ASN harus netral itu jelas tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, dan PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Dispilin dan Kode Etik ASN.

“Sangsinya juga sudah dalam undang-undang tersebut,” ujarnya.
Sengkey juga meminta ASN untuk melakukan koordinasi, meminta masukan kepada peserta terkait upaya pencegahan potensi-potensi pelanggaran netralitas.

“Pelanggaran netralitas ini dapat berupa beberapa tindakan. Misal ikut atau hadir pada kampanye salah satu calon, entah itu berupa pertemuan atau di media sosial, memfasilitasi kampanye, menjadi tim sukses dan lainnya yang mampu membuat pengaruh pada hasil suara nantinya,” kata mantan jurnalis ini.
Artinya, kata Sengkey, setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

“Netralitas berhubungan erat dengan tanggungjawab dan kewenangan ASN,” tegasnya. Lanjut Sengkey mengatakan, isu netralitas ASN ini menjadi krusial di Bawaslu Minsel karena pada Pemilu 2019 yang lalu terdapat beberapa laporan mengenai ASN yang tidak bersikap netral.(…)

(Visited 340 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *