Chat kami sekarang

Acara Suka/Duka dan Tempat Keramaian Jadi Sasaran Razia Sajam Polres Minahasa

Sulutpos.com,Tondano – Antisipasi terjadinya kasus penganiayaan dengan menggunakan Senjata Tajam (Sajam) di wilayah Kepolisian Resor ( Polres) Minahasa, Kapolres AKBP Denny Situmorang SIK, ambil langka pencegahan pencegahannya salah satunya dengan menggelar razia Sajam, baik ditempat – tempat umum maupun di acara suka duka.

“Selain itu, kita juga akan terus lakukan razia Miras yang menjadi salah satu pemicu tindakan kriminalitas, termasuk izin acara suka,” kata Kapolres Situmorang Senin (24/02) sore tadi.

Alasan razia sajam ini menurut Kapolres berkenaan dengan sejumlah kasus perkelahian hingga menewaskan beberapa korban jiwa terjadi di wilayah hukum Polres Minahasa, selang Januari hingga Maret 2020,” Sudah ada lima kasus. Sangat disayangkan, paling dominan adalah anak dibawa umur, baik itu pelaku maupun korban,” ungkapnya.

Dari sisi penegakan hukum, lanjut Kapolres, lima kasus ini seluruh tersangka telah diamankan. “Proses hukumnya tidak ada masalah. Begitu juga kasus penganiayaan, semua prosesnya berlanjut dan tidak ada yang ditunda,” bebernya.

Disisi lain kata Kapolres, pihaknya juga mengemban fungsi Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas). Disamping itupun diminta semua stakeholder dan unsur masyarakat agar dapat membantu pihak Kepolisian, untuk mencegah permasalahan Kamtibmas sehingga tidak terjadi lagi. “Upaya – upaya pencegahan sudah kami lakukan. Dan untuk pencegahan tentunya bukan semata – mata pihak Kepolisian saja, tapi semua pihak mempunyai kewajiban dan kontribusi,” sebutnya.

Situmorang menambahkan, selain melakukan razia senjata tajam dan Miras, pihaknya juga akan lakukan pemetaan terhadap pengrajin Sajam. “Ini bukan membatasi masyarakat pengrajin Sajam, tapi silakan memproduksi Sajam untuk keperluan dapur maupun pertanian, asalkan jangan Sajam dalam bentuk badik, keris, sangkur ataupun sejenisnya untuk dipakai menganiaya orang,” tegasnya.( Ody

(Visited 139 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *