Chat kami sekarang

Dilauching Penyalurannya, Ini Tiga Desa Penerima ADD dan DD Tahap Satu

Sulutpos.com,Tondano – Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD )kini resmi berada di rekening masing – masing desa, setelah pemerintah kabupaten Minahasa lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) menggelar lauching  penyalurannya, Jumat (29/02) yang di hadiri langsung Bupati Ir.Royke Oktavian Roring,M.Si dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado Wayan Juwena, SE, MM.

Dalam laporan kegiatan, Kepala Dinas PMD Jefry Tangkulung,SH.M.Ap menerangkan dana dana Transfer desa meliputi ADD dan DD bagian hasil pajak dan bagian hasil retribusi daerah tahun 2015 sampai 2020 sudah mencapai angka 1.346.430.044.280 rupiah.sedangkan dana desa 2020 kabupaten Minahasa sebanyak 173.063.310.000 rupiah dan penyaluran tersebut memiliki perbedaan tahun 2019 lalu.

” Tahun 2020 ini penyaluran dana desa tahap satu 40 persen bulan januari sampai juni, tahap dua 40 persen bulan maret sampai Agustus, dan tahap tiga 20 persen bulan paling cepat bulan juli,” Terangnya.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado Wayan Juwena, SE, MM mengatakan Kesempatan ini merupakan kesempatan langka, dimana Kementerian Keuangan bisa bertatap muka langsung dengan Pengelola Dana Desa (Dandes).

” Mulai tahun 2020, kesempatan ini rupanya akan terus berlangsung, karena sesuai dengan amanat Perda No 25, bahwa penyaluran Dandes dilakukan oleh KPPN masing-masing Daerah, melalui RKUD langsung ke Dandes yang disalurkan pada saat itu juga,” kata Wayan sembari mengapresiasi

Tim BPPKAD dan DPRD, sampai ditingkat Operator yang bekerja tak henti guna mengawal proses pencairan dana desa itu.

“Syukur tadi malam kami sudah bisa memastikan penyaluran untuk 3 Desa, dan harapan kami juga dari Bank Sulutgo tidak ada kendala. Sesuai hal yang sudah saya janjikan lalu di benteng moraya, bagi siapa yang sudah lebih dahulu menyelesaikan persyaratannya, saya berjanji untuk menyalurkan saat itu juga,” kata Wayan.

Wayanpun mengakui kehebatan Bupati Minahasa ir.Royke Oktavian Roring yang memiliki SDM yang luar biasa dibagian Keuangan,“Ijinkan saya mewakili Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada bapak bupati, karena melalui program dana desa, yang diharapkan untuk turut serta dalam pembangunan daerah masing-masing, sudah bisa dirasakan manfaatnya di awal tahun,” tukas Jumena

Sementara Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring, Msi mengatakan  dirinya bangga dengan 3 desa yang sudah menjadi Pilot Project di Kabupaten Minahasa.

“Saya bangga dengan tiga desa yang sudah menjadi pelopor, dan ini merupakan tantangan bagi 270 Desa lainya,” ujar ROR

Saat ini menurut ROR, sudah lebih mudah dalam melakukan pengurusan, tidak perlu menunggu berapa hari, melainkan hanya hitungan jam, mengikuti perkembangan teknologi. Ini merupakan program yang di motori Kementerian Keuangan dan kami sangat salut dengan hal ini.

“Memang tantangan di Desa sangat besar, karena masih banyak yang kurang update dengan teknologi. Kedepan kita akan merekrut tenaga komputer, untuk menunjang program Desa dan pembiayaannya diambil dari Anggaran Dana Desa ( ADD),” ujarnya

Hadiri dalam kegiatan Tersebut Kepala PMD Provinsi Drs Royke H Mewoh, DEA, Kapolres AKBP Denny Situmorang, SIK, Kasdim 1302, Perwakilan Kejari, Koordinator Pendambing Dana Desa Provinsi, SKPD, Camat, dan Hukumtua

Adapun Ketiga Desa yang berhasil diavaluasi APBDesnya dan menjadi Pilot Project dalam pencairan dana desa tahap satu di Kabupaten Minahasa adalah :

1.Desa Kayuuwi Satu Kecamatan Kawangkoan Barat dengan pencairan anggaran Tahap satu sebesar  Rp. 278. 573.600 dan Alokasi Dana Desa Rp.114. 320.00

2.Desa Kawangkoan Dua Kecamatan Kawangkoan Barat

Dana Desa Rp. 280.459.200

Alokasi Dana Desa: Rp. 114.360.000

3.Desa Sea Tumpengan Kecamatan Pineleng

Dana Desa: Rp. 278.614.400

Alokasi Dana Desa: Rp.114.440.000.

( Ody)

(Visited 145 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *