Chat kami sekarang

KPU Sulut Berharap Pemerikasan Kesehatan dan Penerbitan Surat Sehat Calon Badan Adhoc Gratis

Sulutpos.com,Manado – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) baik Kabupaten dan Kota kini tengah buka perekrutan Panitia Pemungutan Suara ( PPS) Pemilihan Kepala Daerah 2020 yang bertugas di tingkat Desa maupun Kelurahan.

Terkait perekrutan calon PPS, KPU Sulut berharap Pemerintah Sulawesi Utara menunjang tahapannya terlebih bagi Kabupaten dan kota yang punya Instansi kesehatan baik Rumah Sakit juga Puskesmas di setiap Kecamatan dalam pemeriksaan kesehatan dan penerbitan Surat Keterangan Sehat bagi calon pelamar.

” Setiap Daerah mempunyai nominal yang berbeda dalam pemungutan PAD ( Pendapatan Asli Daerah ) bahkan ada yang sampai 75 ribuh rupiah padahal cuma surat keterangan berbadan sehat,” Kata Koordinator Divisi SDM KPU Sulut Salman Saelangi.

Dijelaskannya, nominal yang diminta ini tidak sesuai dengan upah yang bakal diterima nanti saat masuk sebagai bagian dari badan adhoc ,” Inikan baru pendaftaran.Nah kalau sudah diminta sampai 75 ribu rupiah kan kasihan disamping itu belum tentu juga yang bersangkutan lolos sebagai PPS. Kalaupun berhasil lolos, berapa sih honor mereka,” terangnya sembari meminta Pihak rumah sakit maupun puskesmas tidak pungut biaya akan pemeriksaaan kesehatan serta pengeluaran surat keterangan sehat.

” kita mendorong pihak rumah sakit maupun puskesmas untuk mengratiskan akan pemeriksaan kesehatan dan pengeluaran surat keterangan bagi mereka yang mau mendaftar sebagai PPS maupun KPPS nanti,” Pintanya.

Sementara terkait permasalahan ini, KPU Republik Indonesia telah menggelar kerja sama dengan kementerian kesehatan Republik Indonesia.

” Kita sudah melakukan kerja sama dengan pihak kementerian kesehatan,dan didalamnya terkait perekrutan badan adhoc mulai PPK,PPS dan KPPS. Disana sepakati pemeriksaan kesehatan dan pengurusan berkas berupa surat keterangan sehat tidak dipungut biaya,” Jelas Komisioner KPU RI Ilham yang memegang divisi SDM dalam Coffe morning bersama wartawan,Selasa ( 12/02)

Adapun tahapan perekrutan PPS Pilkada 2020 ini sudah di buka sejak tanggal 15 febuari yang lalu dan bakal berakhir 24 Febuari mendatang serta lamaran dan pemasukan berkas dibawah langsung calon pelamar ke KPU Kabupaten dan Kota dimana yang bersangkutan berdomisili.( Ody)

(Visited 38 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *