Chat kami sekarang

Lewat Video Conference, ROR Bahas Rencana Kerja Pemkab Minahasa Tangani Covid -19 Bersama Forkopimda

Sulutpos.com,Manado – Bupati Royke Octavian Roring, gelar rapat bersama Forkopimda Minahasa, Kamis (02/04) dalam Video conference.

Dalam rapat bersama, Bupati ROR Sapaan Akrabnya didampingi Sekretaris Daerah Frits Muntu,sementara untuk Forkopimda Minahasa Masing – masing, ketua DPRD Kabupaten Minahasa, Gladi Kandouw, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, Dandim Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo, Kejari Minahasa Rahmat Budiman serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Lumentut,Kepala BPKAD Hanes Wagey,Kadis Kesehatan Maya Rambitan,Kepala Kesbangpol Janny Moniung, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Maya Kainde,Kabag Umum Lona Wattie,juga Kabag Ekonomi Grace Maindoka.

Terdapat sejumlah pembahasan dalam rapat itu, diantaranya evaluasi kebijakan-kebijakan tentang pencegahan penyebaran covid-19 yakni :

– lebih diperketat pengawasan terhadap warga pendatang baik dari luar daerah maupunluar negeri, pembuatan pos-pos jaga disetiap pintu masuk wilayah kabupaten minahasa dengan melibatkan TNI – Polri, dan Satpol-PP, Camat, Hukum Tua/Lurah.

– Dinas kesehatan dan tim gugus tugas mengadakan kunjungan serta kontrol pada ODP minimal 3 kali dalam 14 hari masa isolasi sampai pada penetapan status orang tersebut (selesai pemantauan),

– Pembatasan kegiatan pasar dimama masyarakat diharapkan tetap menjaga jarak saat berbelanja, dan bakal diadakan pemantauan intensif terkait penimbunan bahan pokok, dan jika ada temuan hal tersebut, maka bakal ditindak dengan tegas oleh Pemkab Minahasa dan pihak TNI/ Polri.

– Peninjauan tokoh dan cafe untuk menyediakan tempat pencucian tangan/hand sanitizer dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan masal di wilayah Kabupaten Minahasa.

– Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerjasama dengan Polres minahasa mengadakan kontrol, patroli menertibkan tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat dimalam hari.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengapresiasi aparat keamanan baik TNI maupun Polri yang telah melakukan sweeping terkait jam malam yang diberlakukan sesuai kesepakatan gubernur dimana untuk Sulut pukul 18.00-06.00.

” Adanya sweeping tersebut sangat bermanfaat bagi kita untuk menertibkan yang belum taat saya menghimbauan untuk tidak keluar rumah kecuali dalam kebutuhan untuk pangan maupun berobat,” Kata Bupati

Dalam rapat itu pula dibeberkan Bupati terkait pergeseran anggaran dalam rangka kebutuhan penanganan covid-19 serta rencana penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak covid-19.

” Menghadapi situasi pandemi covid-19 ini, pemerintah kabupaten minahasa menyadari dampak ekonominya terhadap masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah, untuk itu disiapkan bantuan sosial (bansos) kepada mereka yang benar-benar layak dibantu dan realisasinya bakal dibentuk tim/satgas penyaluran agar bantuan sosial yang diberikan tepat sasaran,” Terang Bupati.

Namun Bupati meminta masyarakat bersabar dikarenakan bansos tersebut masih terus dikaji baik dari segi kemampuan anggaran pemerintah dan kriteria penerima maupun dasar hukumnya.

Sementara terkait pelaksanaan hari-hari besar keagamaan yakni jumat agung, paskah, bulan puasa dan idul fitri pemerintan kabupaten bakal membicarakannya bersama FKUB Minahada. ,” Mohon para pimpinan agama untuk mensosialisasikan bentuk ibadah dengan menerapkan sosial distancing, dan terus membudayakan hidup bersih dan sehat,” Ujar ROR. ( Ody)

(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *