Chat kami sekarang

Pelantikan BPD Terhambat, Ini Kata Kadis PMD Bolmut

Foto: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Fadly T. Usup (kanan).


SulutPos.com, Bolmut – Pelantikan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) pada 106 Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mendapat hambatan. Keterlambatan tersebut disebabkan karena Badan Permusyawaratan Desa (BPD lama) masa kerja (2014 – 2020) hanya dapat melaksanakan tugas sampai pada 7 Januari 2020 kemarin. Sedangkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD hasil pemilihan serentak) yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Desa belum juga dilantik.

Akibat hal tersebut, di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terjadi kekosongan jawatan Badan Permusyawaratan Desa yang berimbas pada ketiadaan pengawasan dari pada BPD terhadap anggaran dan program yang dijalankan oleh Sangadi selaku Pemerintah Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Fadly T. Usup. S.E. M.M. saat ditemui di kantornya, pada Kamis (02/04/2020) menyampaikan bahwa, Pertama, lambatnya proses pemasukkan berkas dari Panitia Pemilihan BPD, serta pemasukkan berkas administrasi dari Panitia Pemilihan BPD dan Camat ke Dinas PMD baru dua hari yang lalu pada Selasa (31/03/2020).

Kedua, Terkendala dengan adanya Covid-19 dan juga adanya Surat Edaran Bupati mengenai hal tersebut sehingga tidak dapat memaksakan lebih kepada bawahan untuk mempressure proses pengesahan BPD yang ada di Bolmut.

“Walaupun demikian, kami dari Dinas PMD akan memproses SK BPD. Mungkin SK BPD dulu yang akan dibagikan oleh Para Camat dan proses peresmiannya baru dilakukan setelah pencabutan status darurat Covid-19,” terang Usup.

Terkait kekosongan BPD yang ada, lanjutnya, diimbau kepada masyarakat, Para Camat serta, seluruh Stackholder yang ada di Desa, dan juga Panitia Pemilihan BPD untuk mengawasi proses pembangunan yang ada di Desa. (Mirad).

(Visited 244 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *