Satgas Tinombala Tewaskan 2 Anggota Mujahidin Indonesia Timur di Poso

Foto: Situasi pengamanan di sekitar Bank Mandiri Syariah di jalan Pulau Irian, Poso Kota, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah pasca peristiwa penembakan terhadap seorang anggota Polisi, 15 April 2020. (Foto: Ryan Darmawan)

Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyatakan dua pelaku penembakan polisi di Poso, Rabu pagi (15/4) telah dipastikan tewas. Kedua orang yang diidentifikasi sebagai anggota jaringan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) ini tewas tertembak ketika polisi berusaha menangkap mereka.


SulutPos.com, Poso – Menurut Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Didik Supranoto,seorang polisi yang bertugas melakukan pengamanan di salah satu bank di kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso pada Rabu pagi, 15 April 2020, pukul 9.15 WITA tiba-tiba ditembak dari jarak dekat.

“Pagi tadi telah terjadi kejadian penembakan kepada anggota Polri yang melakukan pengamanan di bank Syariah Mandiri Poso. Kemudian dari hasil keterangan yang kami peroleh pelakunya berjumlah dua orang dan menggunakan motor,” jelas Didik Supranoto.

Dalam rekaman CCTV nampak seorang polisi yang sedang memarkir sepeda motornya tiba tiba diserang dengan n senjata api dari jarak dekat. Meskipun terluka, polisi itu melakukan perlawanan dan mempertahankan senjata api laras panjang miliknya yang hendak dirampas. Pelaku yang gagal merampas senjata api itu kemudian melarikan dengan sepeda motor.

Foto dua tersangka pelaku penyerangan Polisi yang bertugas melakukan pengamanan di Bank Mandiri Syariah Poso, Sulawesi Tengah. Foto Humas Polda Sulawesi Tengah
Foto dua tersangka pelaku penyerangan Polisi yang bertugas melakukan pengamanan di Bank Mandiri Syariah Poso, Sulawesi Tengah. Foto Humas Polda Sulawesi Tengah

Ryan Darmawan, jurnalis lokal di Poso mengatakan kepada VOA dampak dari peristiwa penyerangan terhadap polisi itu menyebabkan para pedagang yang berada di sekitar lokasi kejadian menutup toko mereka. Sejumlah jalan raya yang diduga menjadi rute pelarian para pelaku sempat ditutup oleh aparat yang melakukan pengejaran.

“Beberapa toko di pusat perbelanjaan, yang berdekatan dengan lokasi kejadian tutup. Bank Mandiri Syariah juga tutup sementara,” kata Ryan di hubungi dari Palu.

Kombes Didik Supranoto dalam keterangan yang disampaikan pada pukul 15.38 WITA mengungkapkan upaya pengejaran yang dilakukan satuan tugas operasi Tinombala menemukan kedua pelaku penyerangan tersebut di sebuah tempat di jalan lingkar Moengko, Kecamatan Poso Kota pada pukul 13.30 WITA. Kedua pelaku itu dilaporkan tewas tertembak.

Dia menambahkan kedua pelaku itu bernama Ali alias Darwin Gobel dan Muis Fahron alias Abdullah. Keduanya adalah anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh polisi terkait tindak pidana terorisme.

Kondisi polisi bernama Briptu Ilham Suhayar yang menjadi korban penembakan oleh anggota kelompok teroris MIT itu dilaporkan stabil dan kini sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulawesi Tengah di Palu. [yl/ab]

VOA News

(Visited 1.804 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?