Chat kami sekarang

Terima BLT Tahap I, Tahap II Tidak Lagi?

Foto: Penyaluran BLT – DD (Bantuang Langsung Tunai – Dana Desa) Bolangitang II sudah masuk pada Tahap ke – III di Balai Pertemuan Umum. (Foto: Ilustrasi)


SulutPos.com, Bolmut – Seorang Warga di Desa Ollot Induk tidak lagi menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap II sedangkan namanya masih masuk dalam daftar penerima BLT.

“Dalam daftar penerima BLT ada 51 orang, dan ibu saya adalah salah satunya,” kata warga yang tidak ingin namanya dimuat.

Dijelaskannya, sebelumnya pada pencairan BLT Tahap I, nama ibu saya masuk dalam daftar penerima dan menerima pencairan dana. Anehnya pada BLT Tahap II yang dicairkan pada Kamis (11/07/2020), walaupun nama ibu saya masuk dalam daftar penerima BLT, ibu tidak lagi menerima pencairan dengan alasan bahwa ibu saya adalah seorang pensiunan.

“Atas dasar itu saya mempertanyakan kejelasan BLT yang menyertakan nama ibu saya,” Tutur anak penerima BLT yang mewakili ibunya kepada media ini di rumahnya (12/06/2020).

Sekretaris Desa Ollot Induk ketika dikonfirmasi menanggapi, bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut adalah BLT – APBD dimana ada 51 orang atau KK yang masuk dalam daftar penerima BLT APBD tersebut. Penyaluran dana BLT – APBD malui Kantor Pos, daftar nama penerima bantuan merupakan kewenangan Dinas Sosial bekerja sama dengan Dinas terkait, baru kemudian Pemerintah Desa Ollot Induk mendampingi penyaluran dana tersebut.

Terpisah, menurut keterangan dari salah seorang Pendamping Desa, masyarakat yang menerima pensiunan pemerintah tidak dapat menerima BLT. Sebab, nantinya akan dikenakan TGR pada program BLT tersebut. Kemudian dana BLT yang tidak tersalur itu akan menjadi SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) dan dikembalikan ke kas daerah. (Mirad)

(Visited 155 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *