Chat kami sekarang

Pejabat Tinggi Intelijen AS Beri Kesaksian di Kongres soal Tuduhan ‘Hadiah Rusia’

Foto: Direktur CIA Gina Haspel. Reuters


SulutPos.com, Washington – Pejabat-pejabat tinggi intelijen Amerika memberikan keterangan kepada para anggota penting Kongres hari Kamis tentang apa yang diketahui – dan apa yang tidak diketahui – tentang dugaan adanya komplotan Rusia membayar militan untuk menyerang pasukan Amerika dan koalisi di Afghanistan.

Direktur CIA Gina Haspel dan Direktur Badan Keamanan Nasional Paul Nakasone bertemu dengan anggota DPR yang disebut Gang of Eight atau Kelompok Delapan.

Baca Juga: Trump Sebut Laporan Hadiah Rusia Sebagai “Hoaks”

Pertemuan itu adalah kesempatan pertama bagi anggota Kongres untuk mendengar langsung dari pejabat intelijen kawakan tentang laporan bahwa Rusia menawarkan hadiah kepada militan yang terkait dengan Taliban untuk menarget dan membunuh tentara Amerika dan sekutu.

Pemberian keterangan tentang dugaan itu dipimpin oleh Direktur Intelijen Nasional John Ratcliffe, seorang mantan anggota Kongres Amerika yang dilantik sebulan lalu, bersama Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien dan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows, keduanya telah menjabat posisi mereka kurang dari setahun.

Ketiganya telah berulang kali mengatakan kepada anggota Kongres bahwa informasi tentang dugaan program pemberian hadiah Rusia kepada militan di Afghanistan itu belum dapat dikonfirmasi. Mereka membela keputusan untuk tidak menyampaikan informasi intelijen itu kepada Presiden Donald Trump.

O’Brien mengatakan Gedung Putih telah membuat rencana untuk menanggapi, jika informasi intelijen tambahan memberikan kepastian bahwa laporan-laporan awal itu kredibel. [lt/ii]

VOA News

(Visited 408 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *