Chat kami sekarang

Bupati Hadiri Peletakkan Batu Program Padat Karya “KOTAKU”

Foto: Foto: Drs. Hi. Depri Pontoh (Bupati Bolaang Mongondow Utara) pada saat prosesi peletakkan batu.


SulutPos.com, Bolmut – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara hadiri prosesi “peletakan batu” Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Desa Bolangitang II pada (13/08/2020).

James Lantu ST. Senior Fasilitator KOTAKU Desa Bolangitang II menjabarkan bahwa, kegiatan padat karya program KOTAKU ini tersebar di 5 (lima) lokasi pada kabupaten / kota yang ada di Sulawesi Utara; Manado (Kelurahan Karame dan Mahawu), Bolaang Mongondow Induk (Kelurahan Inobonto), Bolaang Mongondow Selatan (Desa Ilomata), dan Bolaang Mongondow Utara (Desa Bolangitang II) dengan prioritas pekerjaan diukur berdasarkan indikator – indikator:

  1. 1. Kelayakan dan ketidakteraturan bangunan hunian.
  2. 2. Jalan lingkungan
  3. 3. Drainase.
  4. 4. Air minum.
  5. 5. Pengelolaan limbah / sanitasi
  6. 6. Pengelolaan Sampah.
  7. 7. Fasilitas pengamanan kebakaran.
  8. 8. Ruang terbuka hijau.

Perlu diketahui bersama, dana untuk program ini sebesar 1 Milyar Rupiah dan bersumber dari APBN dan dibagi 2 termin pencairan keuangan. Dana sudah berada di rekening LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) Mokotabi dan telah diteruskan ke KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Pesisir untuk digunakan pada pelaksanaan pekerjaan. Sambung Viki Kristianto selaku Koordinator LKM Mokotabi.

Terpisah. Melalui sambutannya, Drs Hi. Depri Pontoh Bupati Bolaang Mongondow Utara menjelaskan, 106 Desa dan 1 Kelurahan di sini “Kumuh Semua”. Saya katakan demikian sebab hal ini ada kriterianya dan indiktor. Dan agar supaya program – program yang ada di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bisa datang ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kami sangat berterima kasih. Kita sama sama – sama awasi.

“Kerja, kerja, kerja dan berhasil”. Saya atas nama masyarakat Bolangitang II mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya program KOTAKU ini. Semoga sukses, sehingga program KOTAKU ini dapat menghilangkan istilah “kumuh” dan bermanfaat bagi masyarakat Bolangitang II dan semoga kedepannya program ini bisa sampai desa desa tetangga. Tutur Sangadi Bolangitang II, Jemmy S. Pangaila.

Tamu dan undangan yang hadir

Turut hadir Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena M.A.P., Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M. Si, Para Pimpinan SKPD, Camat, dan masyarakat, serta BPPW Sulawesi Utara Ognerius Tindoilo ST., Tim OSP 8, dan Korkot Bolmong Frangky V. Pamelen. S E . (Mirad).

(Visited 241 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *