Chat kami sekarang

Siprus dan Perancis Tingkatkan Hubungan Pertahanan

Foto: Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Presiden Siprus Nicos Anastasiades di Istana Elysee, Paris, France, 23 Juli 2020. (REUTERS/Benoit Tessier)


SulutPos.com, Washington – Siprus, Kamis (6/8), mengatakan akan bekerja sama dengan Perancis untuk mendapatkan dan mengembangkan senjata, serta melangsungkan latihan militer bersama sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama pertahanan.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan Siprus, kesepakatan tahun 2017 yang mulai berlaku sepenuhnya bulan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan laut dan kawasan pengeboran hidrokarbon; memperbaiki penanganan krisis; serta memerangi ekstremisme dan perompakan.

Kesepakatan itu “merupakan langkah penting menuju terwujudnya tujuan bersama dalam memastikan stabilitas dan keamanan di wilayah timur kawasan Laut Tengah,” kata pernyataan tersebut.

Pemerintah Siprus telah memberi Total, perusahaan energi Perancis, dan Eni, perusahaan energi Italia, izin untuk melangsungkan eksplorasi pengeboran di tujuh dari 13 kawasan negara itu.

Turki, yang tidak mengakui keanggotaan Siprus di Uni Eropa sebagai sebuah negara, telah mengerahkan kapal-kapal riset dan eksplorasinya yang dikawal kapal perang ke zona ekonomi eksklusif Siprus, termasuk kawasan yang dieksplorasi Total dan Eni. Turki bersikeras mengatakan tindakan itu diambil untuk melindungi kepentingannya di perairan kaya energi yang diklaimnya sebagai Siprus Turki itu.

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengecam tindakan Turki dan menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap Turki menyusul pembicaraan dengan sejawatnya dari Siprus di Paris bulan lalu.

Menteri Luar Negeri Siprus Nikos Christodoulides, Rabu, mendesak Uni Eropa untuk meningkatkan keberadaan militernya di wilayah timur Kawasan Laut Tengah. [ab/uh]

VOA News

(Visited 273 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *