Chat kami sekarang

Bersama OD, Bupati ROR Panen Padi di Desa Toliang Kakas Barat

IMG20201005124006

Sulutpos.com,Tondano – Bupati Kabupaten Minahasa Royke Octavian Roring lakukan Panen Padi Musim Tanam ke Dua dipersawahan Desa Toliang Kecamatan Kakas Barat, Senin (05/10).

Dalam panen padi yang dihadiri Ketua Majelis Persekutuan Gereja Indonesia Olly Dondombey ini, Bupati ROR sapaan akrabnya didampingi Ketua KTNA Kabupaten Minahasa Fenny Roring Lumanauw.

” Ini tuntunan Tuhan bagi kita dan berkat bagi kita warga Minahasa, Kalau melihat hamparan sangat besar dan menjanjikan, kalau kita maksimalkan akan membawa dampak sangat besar bagi masyarakat dan petani,” Kata Bupati dalam sambutannya.

Melihat hasil panen  tersebut, Bupati berharap nanti akan dapat dikembangkan sehingga pendapatan petani akan meningkat,”Ternyata hasilnya bisa mencapai 9 ton, ini sesuatu hal yang sangat hebat dan sangat kita syukuri, apalagi kalau kita kembangkan di Kabupaten Minahasa tentu penghasilan petani akan meningkat,” Jelasnya.

” Selaku Pemerintah, Saya Bupati bersama Pak Robby Dondokambey Selaku Wakil Bupati menyampaikan apresiasi kepada kelompok tani yang ada di Kakas Barat ini terlebih kusus Desa Toliang yang pada tiga bulan lalu sudah mengundang pak Gubernur untuk melakukan penanaman perdana dan hari ini puji Tuhan kita juga mengadakan panen pada kuartal ke Dua,” Lanjut ROR.

Sementara Olly Dondokambey sendiri saat menyaksikan hasil panen padi tersebut optimis pendapatan petani di masa pandemi Covid-19 akan dapat tercukupi.

” Demplot per hektar kurang lebih 11,2 ton. Kalau jadi beras sekitar 5.5 sampai 6 ton dibagi tiga bulan saja petaninya sudah berpenghasilan 20 juta perbulan berarti manfaat guna meningkatkan pendapatan petani di Sulawesi Utara dalam rangka ketahanan pangan di saat saat covid sangat siap,”Kata OD yang saat ini ada dalam masa cuti sebagai Gubernur Sulawesi utara semenjak ditetapkan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sulut Sebagai Calon Peserta Pilkada 2020.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa menyerahkan 3 unit hand tractor kepada tiga kelompok tani yakni Kelompok tani Matuari, teratai dan goro.

Turut hadir dalam panen Padi tersebut, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, Ketua Kadin Sulut Hangky Arthur Gerungan, Sejumla Anggota DPRD Minahasa, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Maya Kainde, Camat Kakas Barat Jeane Sumendap SP, Pengurus KTNA Kakas Barat, serta dan Hukum Tua Desa Toliang.

( Ody)

(Visited 104 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *