Chat kami sekarang

Dipimpin Sambuaga, KPU Minsel Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Foto: Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara.


SulutPos.com, Amurang – Bertempat di lapangan Santiago, Ranoyapo Amurang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Selatan (KPU) melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan pemahaman tentang tata cara memilih di TPS agar meminimalisir masalah yang terjadi dalam pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga, menyampaikan bahwa kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan hari Sabtu, 21 November 2020, dalam upaya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan juga ketidakpahaman masyarakat pemilih maupun petugas di TPS.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Dimana kata dia, dalam Pilkada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 saat ini ada 12 hal baru yang harus dipahami oleh pemilih.

“Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh, dan lain sebagainya,” ujar Sambuaga.

Iapun berharap dalam simulasi yang dilaksanakan ini benar-benar dipahami baik oleh masyarakat maupun petugas di TPS, serta diharapkan pada Pilkada nanti tidak ada klaster baru.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sembari mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang menyalurkan hak suaranya ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti.

“Begitu juga dengan masyarakat pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap untuk melapor ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun ke KPU Minahasa Selatan,” tutup Sambuaga.

Dalam simulasi ini hadir seluruh Komisioner KPU, Bawaslu serta semua pihak terkait di dalamnya. (Christian Ngau)

(Visited 116 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *