Chat kami sekarang

Protap Kesehatan KPU Minsel Jelang Pilkada 9 Desember

Foto: Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga (tengah), saat memberikan materi terkait Protokol Kesehatan (Protap) di Pilkada nanti.


SulutPos.com, Amurang – Jelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur, dan Wakil Gubernur Sulwesi Utara (Sulut) pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Selatan (Minsel), telah menyiapkan perlengkapan protokol kesehatan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Adapun perlengkapan yang akan disediakan yakni tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer, thermogun, baju hasmat, tinta tetes, tempat sampah, dan disinfektan.

Ketua KPU Minahasa Selatan, Rommy Sambuaga, mengatakan bahwa potensi penyebaran Covid-19 pada saat Pilkada berlangsung, sangat rawan. 

“Oleh karena itu semua perlengkapan penunjang jauh-jauh hari telah kami persiapkan, ucapnya. Katanya pula untuk pemetaan di tiap TPS, tidak berbeda dengan Pilkada maupun pileg sebelumnya namun hanya di atur jarak /tempat duduk (KPPS, PPS, saksi, pengawas, pemilih) serta di batasinya wajib pilih saat berada di dalam ruang TPS,” jelasnya.

Tiap petugas KPPS, lanjutnya, secara berkala melakukan penyemprotan disenfektan yang di lengkapi dengan baju hasmat. Disediakannya bilik khusus bagi wajib pilih jika suhu badannya di atas 37,3°celcius, ucap Sambuaga pada Rabu, 25 November 2020. 

“Sedangkan untuk wajib pilih, lanjut Sambuaga, di wajibkan memakai masker saat berada di TPS maupun di seputaran lokasi serta membawa pulpen masing-masing. Memakai sarung tangan yang di sediakan petugas saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ketua KPU, Rommy Sambuaga. (Christian Ngau)

(Visited 108 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *