Chat kami sekarang

Gedung Capitol Aman, Anggota Kongres AS akan Kembali Mengesahkan Pemilihan Biden

Foto: Polisi kompleks Capitol menahan para pengunjuk rasa di dalam gedung Kongres, di Washington, Rabu, 6 Januari 2021. (Foto: AP)


SulutPos.com, Washington – Beberapa jam setelah massa pendukung Presiden Donald Trump memenuhi Gedung Kongres Capitol, para anggota Kongres kembali ke gedung itu untuk memulai lagi proses sertifikasi hasil Electoral College. Dengan demikian, memungkinkan Joe Biden dan Kamala Harris untuk dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Januari.

“Anda tidak menang. Kekerasan tidak pernah menang,” kata Wakil Presiden Mike Pence sementara Senat melanjutkan penghitungan suara pada Rabu (6/1) malam.

Polisi Capitol dan penegak hukum federal, negara bagian, dan lokal mengusir para pendukung Trump dari halaman Capitol, mengamankan gedung bagi anggota Senat dan DPR untuk kembali.

Pence mendesak Senat untuk “kembali bekerja” dan mulai memperdebatkan tantangan Partai Republik atas kemenangan Biden dalam pemilihan presiden.

Namun, beberapa senator dari Partai Republik yang berencana untuk menolak sertifikasi kongres mengatakan mereka tidak akan melakukannya lagi. Mereka mengutip aksi massa yang kejam di mana seorang wanita ditembak secara fatal.

DPR juga melanjutkan pembahasan pada Rabu (6/1) malam.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi mengumumkan setelah jam-jam kekacauan di sekitar bangunan berkolom putih itu bahwa para legislator akan berkumpul kembali untuk melanjutkan pekerjaan mengesahkan suara Electoral College yang menentukan presiden berikutnya. [lt/ft]

VOA News

(Visited 683 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *