Apel Kesiapan dalam Rangka Penanggulangan Bencana di Kota Tomohon

Foto: Waka Polres Tomohon, Kompol Agnes Turambi, saat memimpin ‘Apel Kesiapan dalam Rangka Penanggulangan Bencana di Kota Tomohon’ Senin, 25 Oktober 2021,


SulutPos.com, Tomohon – Bertempat di Lapangan Mapolres Kota Tomohon, Senin, 25 Oktober 2021, Waka Polres Tomohon, Kompol Agnes Turambi, memimpin ‘Apel Kesiapan dalam Rangka Penanggulangan Bencana di Kota Tomohon’.

Wakapolres mengatakan, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga hari ini kita bisa melaksanakan apel kesiapan dalam rangka penanggulangan bencana di Kota Tomohon. Kegiatan apel saat ini, bertujuan untuk menunjukan kesiapan kita seluruh stake holder baik TNI, Polri, dan Pemkot Tomohon dalam menghadapi bencana alam di Kota Tomohon, sehubungan dengan perubahan cuaca yang terjadi saat ini.

“Selama ini kurang lebih dua tahun kita menghadapi bencana non alam yakni penanganan penyebaran Covid – 19 dan saat ini kita akan megantisipasi bencana alam, dan dengan dilaksanakannya apel saat ini, maka kita menyatakan siap menghadapi jika terjadi bencana alam di wilayah Kota Tomohon,” tegas Turambi.

Dijelaskannya, bencana alam yang sering terjadi di wilayah Tomohon berdasarkan pengalaman yang ada, antara lain tanah longsor, pohon tumbang bahkan banjir di beberapa tempat tertentu.

Beberapa petunjuk dan arahan pimpinan terkait bencana alam di antaranya;

PRA BENCANA: Petakan lokasi yang memiliki kerawanan bencana dan rentan kepada masyarakat. Laksanakan inventarisir terhadap sarana prasarana pendukung dalam rangka nenghadapi bencana dan ploting personil sesuai dengan lokasi/kerawanan di wilayah masing-masing. Koordinasi dan kerja sama dengan BPBD, basarnas dan Pemda setempat guna menyusun rencana penanggulangan bencana alam di Kota Tomohon. Memberikan peringatan dini kepada masyarakat terkait adanya bencana alam.

SAAT TERJADINYA BENCANAMelakukan Evaluasi dan evakuasi dengan SAR terhadap korban bencana dengan strategi yang sudah di atur dengan SOP yang ada. Mencegah / antisipasi resiko terhadap tim evakuasi, terhadap Personil yang melaksanakan tugas dan SAR sehingga meminimalisir korban jiwa maupun harta benda. Mencegah / meminimalisir terjadinya gangguan perekonomian sehubungan dengan terjadinya bencana alam.

PASCA BENCANA: Melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membersihkan lokasi, pemberian bantuan kesehatan, pendampingan korban maupun rehab sosial. Melakukan analisa dan evaluasi dalam pelaksanaan tugas, dengan pendirian posko yang menjadi pusat pengendalian kegiatan penanggulan bencana di Kota Tomohon.

“Diharapkan kita semua untuk tetap menjaga kesehatan, jaga diri, jaga keluarga dan lingkungan sekita kita, selalu semangat dan berdoa kepada Tuhan untuk memohon penyertaanNya, sehingga apa yang kita lakukan dan kerjakan bisa terlaksanan dengan baik,” tutup Turambi.

Apel diikuti oleh: 1. TNI 2. Polri 3. BPBD 4. Sat Pol PP 5. Damkar 6. Dinkes. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan: 1. Pejabat Utama Polres Tomohon 2 Para Kapolsek 3. Danramil 1302-06 Tomohon Kapten Inf. Juris Sahese 4. Kasat Pol. PP ibu Syske Wongkar, S.Pd 5. Kalaksa Kaban BPBD Kota Tomohon Drs. Robby Kalangi, SH, MM. (Vasco Taroreh)

(Visited 124 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?