AS Peringati Hari Columbus, Hari Masyarakat Adat

Foto: Anggota Danza Azteca Guadalupana menari selama acara untuk menandai hari Masyarakat Adat di gedung DPR di Austin, Texas, AS, 9 Oktober 2021. (REUTERS/Pu Ying Huang)


SulutPos.com, Washington –  AS pada Senin (11/10) memperingati Hari Columbus serta Hari Masyarakat Adat.

Hari Columbus telah menjadi hari libur federal sejak 1971 untuk merayakan pendaratan Christopher Columbus pada tahun 1492 di benua Amerika.

Pengakuan atas kekerasan, penyakit dan penderitaan lain yang ditimbulkan oleh bangsa Eropa terhadap orang-orang yang telah bermukim di Belahan Bumi Barat dalam beberapa tahun ini telah mendorong pengevaluasian ulang hari peringatan ini, termasuk seruan bagi penghapusannya dan penetapan peringatan baru bagi penduduk pribumi.

Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengeluarkan proklamasi kepresidenan pertama mengenai Hari Masyarakat Adat yang akan diperingati hari Senin (11/10).

Presiden Joe Biden berbicara dengan anggota pers sebelum menaiki Marine One di South Lawn Gedung Putih, Washington, 2 Oktober 2021.
Presiden Joe Biden berbicara dengan anggota pers sebelum menaiki Marine One di South Lawn Gedung Putih, Washington, 2 Oktober 2021.

“Sekarang ini, kita juga mengakui sejarah menyakitkan mengenai kesalahan dan kekejaman yang disebabkan oleh banyak penjelajah Eropa terhadap suku-suku pribumi dan masyarakat adat,” tulis Biden. “Ini adalah suatu langkah mengenai kebesaran kita sebagai bangsa di mana kita tidak berupaya mengubur episode masa lalu kita yang memalukan, bahwa kita menghadapinya dengan jujur, mengungkapkannya, dan kita melakukan apapun yang kita mampu untuk mengatasinya,” tulis Biden.

Negara bagian Oregon memperingati Hari Masyarakat Adat untuk pertama kalinya pada hari Senin (11/10) setelah parlemen negara bagian tersebut menyetujui RUU untuk mengakuinya pada awal tahun ini. Oregon bergabung bersama 12 negara bagian lain yang melakukannya, bersama dengan South Dakota, yang memperingati Hari Penduduk Asli Amerika.

Senin ini juga membawa kembalinya pawai Hari Columbus di New York dan Chicago, acara tahunan besar yang dibatalkan tahun lalu karena pandemi virus corona.

Boston menggelar Boston Marathon yang diikuti beberapa pelari elite dunia pada hari Senin (11/10). Acara ini tidak terkait dengan hari peringatan apapun, tetapi dijadwalkan ulang dari acara tetapnya pada bulan April tahun ini, juga karena pandemi. [uh/ab]

VOA News

(Visited 199 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?