Melawan Petugas, Residivis Ranmor Dihadiahi ‘Timah Panas’

Foto: Residivis Pelaku Ranmor saat diamankan Team URC Totosik Polres Tomohon, berkolaborasi dengan Team Maleo Polda Sulawesi Utara, Rabu, 13 Oktober 2021.


SulutPos.com, Tomohon – Team URC Totosik Polres Tomohon, berkolaborasi dengan Team Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut), berhasil mengamankan VS Alias Gopes (32), warga Kelurahan Bumi Nyiur, Kota Manado, pelaku pencurian laptop dan ranmor Roda Dua (R2). Pelaku diamankan di depan kantor Balai POM Kelurahan Winangun, pada Rabu, 13 Oktober 2021, Pukul 20.30 wita.

Pelaku VS alias Gopes saat  akan diamankan, melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, sehingga diberikan tindakan tegas terukur oleh petugas.

Penangkapan VS alias Gopes berdasarkan Laporan Polisi dari korban di Polres Tomohon tanggal 10 Oktober 2021. Pelapor atas nama Inggrit Julike Faransine Palit, warga Kelurahan Kakaskasen Tiga, Lingkungan 3, Kecamatan Tomohon Utara.

Kronologis Kejadian:

Minggu, Tanggal 10 oktober 2021, jam 9 wita korban bersama suami dan anak-anaknya pergi ke gereja. Jam 10.20 korban bersama suami dan anak-anaknya kembali ke rumah, dan mendapati jendela rumah mereka sudah dalam keadaan terbuka. Merasa curiga korban kemudian melihat rekaman CCTV yang terpasang di sekitar rumah, dan dari hasil pemeriksaan rekaman CCTV, terlihat ada dua (2) orang yang masuki halaman parkir rumah korban dan terlihat salah seorang pelaku sedang mencongkel jendela dan masuk ke dalam rumah korban.

Tak lama kemudian, Pelaku keluar dari dalam rumah sambil membawa 2 buah tas berwarna hitam dan selanjutnya pelaku langsung naik di kendaraan Roda Dua bersama rekanya dan langsung meninggalkan TKP. Korban kemudian memeriksa rumahnya dan mengetahui kalau dua unit laptop yang terletak di ruang lantai satu sudah tidak ada (hilang) dan langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tomohon.

Saksi  1. JL Alias Rombe (39), warga Kelurahan Tonsaru Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa 2. FS alias Fernando (25), warga Kelurahan Koya Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa .

Kronologis diamankannya pelaku:

Minggu, Tanggal 10 oktober 2021, jam 11.00 Wita, Team URC Totosik mendapat informasi perihal kejadian pencurian tersebut. Team URC Totosik selanjutnya langsung menuju ke TKP dan melakukan pengumpulan bahan keterangan perihal peristiwa yang terjadi, salah satunya dengan memeriksa rekaman CCTV yang ada di rumah tersebut.

Berdasarkan hasil rekaman CCTV yang ada, Team URC Totosik akhirnya mengantongi ciri-ciri pelaku terutama nomor Polisi kendaraan R2 yang digunakan oleh ke dua pelaku. Team URC Totosik kemudian melakukan pengembangan ke wilayah Kota Manado, di mana sesuai data dan identitas dari nomor Polisi R2 yang digunakan oleh ke dua pelaku, namun upaya yang dilakukan tidak menemukan hasil, karena baik pemilik maupun kendaraan R2 tidak ditemukan.

Team URC Totosik terus melakukan pengembangan, dan pada Rabu tanggal 13 Oktober 2021 jam 13.00 Wita Team URC Totosik menuju ke Kelurahan Teling Kota Manado dan selanjutnya berkolaborasi dengan Team Maleo untuk melakukan pencarian terhadap kedua pelaku. Team URC Totosik dan Team Maleo akhirnya berhasil bertemu dengan pemilik kendaraan Roda Dua (R2), dan berdasarkan keterangannya menjelaskan bahwa kendaraan R2 miliknya dipinjam oleh pamannya salah satu Pelaku RR alias Roi (masih dalam pencarian) yang tinggal di salah satu tempat Kost yang ada di wilayah Kelurahan Walian Kota Tomohon.

Rabu, tanggal 13 Oktober 2021, Pukul 18.00 Wita, Team URC Totosik dan Team Maleo menuju ke tempat kost dari pelaku RR alias Roi, namun Pelaku tidak berada di tempat. Pencarian terhadap ke dua Pelaku terus dilakukan oleh Team URC Totosik dan Team Maleo, yang akhirnya selanjutnya mendapat informasi keberadaan pelaku VS alias Gopes dan RR sedang berada di jalan raya Kelurahan Tinoor Kecamatan Tomohon Utara sedang menuju ke Kota Manado.

Berdasarkan informasi yang ada, baik di tempat kost maupun dari teman-teman Pelaku Gopes, bahwa pelaku VS alias Gopes sedang menuju ke Manado dengan mengendarai kendaraan kendaraan R2 Yamaha Mio DB 2172 FI berboncengan dengan RR alias Roi.

Tak ingin incarannya melarikan diri, Team URC Totosik dan Team Maleo segera meluncur ke arah Kota Manado dan pada pukul 20.30 Wita, bertempat di kompleks depan kantor Balai Besar POM di Manado tepatnya di Kelurahan Winangun Atas Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Team URC Totosik dan Team Maleo berhasil mendapati R2 Yamaha Mio DB 2172 FI yang dikendarai oleh pelaku VS alias Gopes berboncengan RR ailas Roi sedang menuju ke arah Manado.

Melihat hal ini, Team URC Totosik dan Team Maleo langsung menghalangi kendaraan R2 yang digunakan oleh Pelaku VS alias Gopes, terjadi kejar-kejaran antara kedua pelaku dan perugas, dan akhirnya VS alias Gopes berhasil diamankan, sedangkan RR alias Roi berhasil melarikan diri.

Dari hasil interogasi, Pelaku mengakui perbuatannya dan sesuai pengakuannya, barang bukti 2 unit Laptop dititipkan kepada temannya Saksi lelaki JL Alias Rombe, yang tinggal di Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano, Selatan Kabupeten Minahasa.

Pencarian Barang Bukti:

Kamis, 14 Oktober 2021, jam 01.00 Wita, Team URC Totosik dan Team Maleo menuju ke Kelurahan Tonsaru Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa untuk mengamankan barang bukti dua Unit Laptop yang diambil Pelaku dari rumah Korban.

Sesampainya di rumah Saksi JL alias Rombe, saksi menjelaskan kalau barang bukti dia titipkan kepada anak mantunya lelaki FS alias Fernando yang ada di Kelurahan Koya Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa.  Jam 02.00 Wita, Team URC Totosik dan Team Maleo menuju ke rumah saksi lelaki Fernando, dan di tempat lelaki Fernando, team berhasil mengamankan barang bukti dua Unit Laptop merk Azus.

Hasil interogasi dan pengakuan pelaku Gopes, bahwa dia juga pernah melakukan pencurian Ranmor R2 di Wilayah hukum Polres Tomohon sebanyak 3 kali.

Pencarian terhadap pelaku RR alias Roi: Kamis, 14 Oktober 2021 Jam 13.00 Wita Team URC Totosik dan Team Maleo menuju ke Kota Tomohon, di mana pelacakan yang dilakukan, kalau lokasi nomor HP pelaku RR alias Roi terdeteksi berada di salah satu penginapan yang ada di Kelurahan Tinoor Kecamatan Tomohon Utara.

Sesampainya di lokasi penginapan, Team URC Totosik dan Team Maleo mendapati lokasi nomor HP RR alias Roi telah berpindah ke Desa Kamangta, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa.

Jam 15.00 Wita Team URC Totosik dan Team Maleo menuju ke Desa Kamangta, namun Pelaku Roi tidak ditemukan. Pelaku RR alias Roi masih dalam pengejaran Team URC Totosik dan Team Maleo.

Barang Bukti yang diamankan: Satu Unit Laptop Azus Warna Merah, Satu Unit Laptop Azus Warna Silver Hitam, Satu Unit Roda Dua (R2) yang digunakan saat melakukan pencurian laptop (diamankan di rumah pemilik kendaraan di Kelurahan Teling), Satu Unit R2 yang dikendarai Pelaku VS alias Gopes berboncengan dengan Pelaku RR, saat pelaku VS alias Gopes berhasil diamankan. Satu Unit R2 di rumah saksi JL alias Rombe merupakan hasil Pencurian ke dua pelaku di wilayah Manado.

Pelaku VS alias Gopes dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Tomohon, sementara Pelaku RR alias Roi dalam pengembangan dan pencarian.

Residivis Pelaku Ranmor saat diamankan Team URC Totosik Polres Tomohon, berkolaborasi dengan Team Maleo Polda Sulawesi Utara, Rabu, 13 Oktober 2021.
Residivis Pelaku Ranmor saat diamankan Team URC Totosik Polres Tomohon, berkolaborasi dengan Team Maleo Polda Sulawesi Utara, Rabu, 13 Oktober 2021.

Diketahui Tersangka VS alais Gopes masih menjalani PB (Pembebasan Bersyarat) hingga bulan agustus 2022. Tersangka Gopes pernah ditahan di Rutan Malendeng atas kasus penggelapan pada tahun 2009, dan bebas tahun 2010. Tersangka Gopes merupakan residivis pencurian ternak dan ditahan di Lapas Papakelan pada tahun 2017, dan baru bebas bulan agustus tahun 2021. (Vasco Taroreh)

(Visited 417 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?