Peran Positif Sektor Pertanian di Masa Pandemi terhadap Perekonomian di Indonesia

Foto: Ilustrasi.


Indonesia merupakan negara agraris, di mana pertanian mampu memberikan pertumbuhan kehidupan dalam masyarakat Indonesia . Hal ini berarti bahwa para petani memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia, yang dibuktikan dari banyaknya masyarakat  atau tenaga kerja dalam sektor pertanian.

Apalagi di tengah pandemic covid-19 saat ini sektor pertanian mampu memberikan nilai ekonomi yang dapat membuat Indonesia bertahan dari ancaman krisis global, termasuk krisis yang diakibatkan dari wabah virus corona saat ini.

Hal tersebut didukung karena sektor pertanian merupakan suatu kebutuhan masyarakat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari yakni kebutuhan pangan, apalagi proses pengerjaan sampai waktu panennya tidak membutuhkan waktu yang panjang.

Di tengah masa pandemi ini sektor pertanian mengalami peningkatan permintaan khususnya pada sektor hortikultura yakni untuk produk buah-buahan dan sayuran yang makin meningkat, karena masyarakat makin sadar akan manfaat buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin apalagi di tengah wabah virus corona ini masyarakat lebih dianjurkan lagi untuk mengonsumsi makanan yang bergizi serta makanan yang mengandung vitamin C dan E yang dapat temui pada buah-buahan dan sayuran guna untuk memperkuat imun dalam menghadapi virus corona.

Selain itu juga, peran dari sektor pertanian terhadap perekonomian diIndonesia yakni di mana peratanian mempunyai kontribusi yang besar terhadap peningkatan devisa yaitu lewat peningkatan ekspor, dimana komoditas ekspor pertanian Indonesia cukup bervariasi contohnya mulai dari getah karet, kopi, rempah-rempah, hingga berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa pandemi covid-19 ini memiliki dampak yang besar dalam sektor pertanian salah satunya yaitu Harga pasar dan pertanian, di mana dalam menjaga stabilitas harga pasar saat ini memang sangat sulit berawal dari adalnya social distancing, menghindari kerumunan, penutupan dan praktik lainnya yang dilakukan untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Hal itulah yang membuat para petani kesulitan untuk menyuplai hasil pertanian mereka, contohnya banyak tempat-tempat makan atau restoran yang biasanya membutuhkan bahan pangan atau bahan pokok yang akan dikelolah dan dijual, harus dibatasi ataupun ada yang ditutup dalam rangka mengurangi tempat keramaian dan perkumpulan banyak orang.

Tapi hal tersebut tidak menghalangi para petani untuk tetap menjual dan menghabiskan hasil panen mereka. Para petani melalukan berbagai cara untuk menyuplai hasil panennya agar bisa sampai ke tangan konsumen yakni dengan cara melalukan penjualan daring. Sehingga penjualan hasil panen para petani secara daring ini mampu menyerap lebih banyak hasil panen para petani dan memberikan keuntungan yang lebih besar, karena proses penjualannya hanya melalui dua titik saja yakni dari tangan petani langsung ke tangan konsumen.

Namun, dalam menjalankan bisnis penjualan hasil panen secara daring ini memerlukan strategi khusus dalam memanfaatkan situasi kondisi yang ada.

Pandemi Covid-19 ini memang memberi dampak yang sangat besar terhadap berbagai sektor yang ada diIndonesia. Namun sektor pertanian yang adalah sektor yang memiliki peluang besar untuk tetap diandalkan dalam memberikan kontribusinys terhadap perekonomian di Indonesia. Karena berdasarkan lapangan usaha, subsektor tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan memiliki peran penting dalam mencapai pertumbuhan ekonomi positif disektor partanian. Sehingga ditingkat lapang petani perlu terus didampingi dan dimudahkan pemenuhan kebutuhan semua sarana produksinya.

Dengan demikian sektor pertanian tetap dapat menjadi sektor andalan dalam perannya sebagai kontribusi pertumbuhan ekonomi di tengah masa pandemi saat ini.

Penulis Charity Patricia Michiko Otay, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi.
Penulis: Charity Patricia Michiko Otay, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi.
(Visited 890 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?