Pesona Alam di Sulawesi Memancing Perhatian Para Wisatawan

Foto: Ilustrasi.


Sebuah pulau di Indonesia yang tak asing lagi yaitu Sulawesi memiliki beragam tempat wisata yang terkenal dan tentunya mendunia. Mulai dari wisata alam laut, daratan, buatan, sejarah, hingga kuliner bisa dinikmati. Mendatangi pulau Sulawesi memberikan kesempatan besar untuk mengunjungi berbagai macam lokasi wisata yang menarik dan sudah pasti cocok buat pecinta alam yang senang menjelajah dan berwisata.

Selain lokasi-lokasi yang menarik perhatian mata wisatawan, beberapa tempat wisata di Sulawesi juga memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan para leluhur daerah Sulawesi contohnya; Tana Toraja, daerah Minahasa, dan masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata yang mendunia di Sulawesi yaitu Taman Laut Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara, Siapa lagi yang tidak mengenal tempat ini? sudah pasti kalian tahu.

Suatu Taman laut yang tentunya memiliki ekosistem yang luar biasa dan merupakan objek wisata alam terkenal di Sulawesi sampai ke mata para pendatang dari manca negara. Pesona alam laut yang berada di Manado ini merupakan daerah konservasi fauna laut dengan total luas mencapai 8,08 km². Daerah tersebut terdapat 29 titik menyelam yang memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan ekosistem bawah laut secara langsung.

Tentunya anda bisa melihat beragam biota laut, hamparan karang yang cantik, sembari berenang bersama beragam spesies laut. Selain Taman laut Bunaken, terdapat juga suatu objek wisata laut yang sangat menarik yaitu Pantai Tanjung Bira yang terletak di daerah Sulawesi Selatan, kabupaten Bulukumba.

Pantai Tanjung Bira terkenal dengan si pasir pantai yang lembut dan struktur tebing yang menghadap ke laut lepas. Bukan hanya itu saja, tapi masih banyak lagi lokasi wisata laut yang berada di Sulawesi. Wah, sungguh menarik bukan?  Tidak hanya objek laut saja ya, Sulawesi juga memiliki ragam lokasi wisata darat yang tentunya memiliki nilai estetika dan religius. Contohnya di Bukit Kasih Kanonang yang terletak di Kawangkoan Barat, Kabutapen Minahasa.

Tempat ini merupakan lokasi wisata yang tenang dan cocok untuk merileksasi diri. Bukit Kasih Kanonang memiliki nilai simbolis juga yaitu sebagai simbol kerukunan umat beragama dan tentunya anda bisa menemukan berbagai tempat ibadah mulai dari gereja, vihara, masjid, hingga kuil. Bukit ini sendiri merupakan bukit balerang aktif serta memiliki atsmosfer yang cukup dingin.

Sebagai daerah berbukit tinggi, anda juga akan disuguhkan dengan keasrian pemandangan alam sekitarnya. Masih banyak juga objek wisata yang tentunya bisa menjadi destinasi dalam berkunjung dan berpetualang menikmati keindahan alam di Sulawesi.Salah satu tempat wisata yang mengandung nilai sejarah di Sulawesi yaitu bertempat di Benteng Fort Rotterdam, Sulawesi Selatan. Tepat di kota Makasar, Jl.Ujung Pandang, Bulo Gading.

Lokasi ini merupakan sebuah benteng yang dikenal sebagai salah satu penentu kemerdekaan Indonesia. Benteng dengan nama Fort Rotterdam ini memegang peran besar dalam sejarakerajaan Gowa hingga ke masa penjajahan bangsa Belanda.Tempat ini pula mengisahkan mengenai Pasukan Panyyua (Penyu) yang bersembunyi dari musuh. Benteng ini tentunya masih dirawat dengan baik, dan sangat cocok juga untuk wisata sejarah.

Tentunya masih banyak lagi peninggalan-peninggalan  bersejarah dalam bentuk museum, bangunan-bangunan unik contohnya seperti benteng Moraya tepatnya di daerah Minahasa dan museum Balla Lampoa, Sulawesi Selatan serta masih banyak lagi.Sebuah destinasi wisata dalam bentuk pegunungan juga tentu tidak kalah menarik. Gunung Mahawu, Sulawesi Utara menjadi jawaban untuk ini.

Apabila anda ingin menikmati berbagai macam spesies udara seperti burung, pastikan datang ke lokasi Gunung Mahawu. Tempat wisata yang satu ini adalah daerah yang menyerupai lubang besar dan hal ini disebabkan oleh letusan gunung Mahawu pada tahun 1994 yang menyebabkan lubang dengan kedalaman 140 meter dan lebar 180 meter. Bentuk curam dan unik ini kerap dijadikan spot foto unik yang menantang adrenalin dan berkesan berbeda. Tidak hanya Gunung Mahawu. Di Sulawesi Utara juga terdapat beragam macam pegunungan seperti Gunung Lokon, Gunung Empung, Soputan dan masih banyak lagi yang tentunya sangat cocok bagi para pendaki gunung yang senang berpetualang.

Sulawesi juga tidak hanya dipenuhi dengan keindahan alam, tetapi juga tempat wisata buatan, seperti Trans Studio Makasar yang merupakan taman bermain yang juga dikenal sebagai indoor theme park yang menawarkan berbagai wahana seru.

Tempat ini juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan besar mulai dari barang, cendra mata, dan tentunya beragam cita rasa kuliner. Ayo tunggu apa lagi Sebagai suatu pusat dan destinasi wisatawan, daerah Sulawesi juga sudah dikenal sebagai objek wisata internasional karena keunggulan dan potensi lokasi yang mendukung.

Masih banyak lagi tempat-tempat yang luar biasa di Sulawesi dan tentunya menjadi daya tarik untuk pengunjung lokal dan tentunya para turis atau pendatang dari berbagai manca negara, sehingga membuat daerah Sulawesi terkenal dengan pesona alam nya. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua tentunya masyarakat Indonesia. Maka itu, marilah kita jangan sekedar menikmati keindahan dan pesona alam nya saja, tetapi juga menjaga dan merawat dengan baik.

Mahasiswa Semester 1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi (Universitas Negeri Manado
Penulis: Fabrizia V.Ch Gosal, Mahasiswa Semester 1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi (Universitas Negeri Manado
(Visited 302 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?