Susahnya Kuliah Daring

Foto: Ilustrasi.


Masa pandemi pada saat ini banyak aktifitas kita terbatas, biasanya kita belajar di sekolah atau perguruhan tinggi dan juga biasanya kita kerja di tempat kita kerja tapi karena pandemi ini kita hanya bisa belajar  di rumah dan berkerja pun di rumah. Semenjak virus COVID-19 ini datang di indonesia pada senin 2 maret lalu dan pada saat itu pun presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang indonesia positif terjangkit virus Corona, dan juga pada saat itu pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan kebijakan yaitu dengan melakukan PPKM agar virus Corona ini bisa terputuskan.

Kuliah online menyebabkan komunikasi antara mahasiswa dan dosen mengalami kendala teknis. Hal ini yang dialami oleh saya sendiri, salah satu mahasiswa yang ada di Tondano, Minahasa – Sulawesi Utara.

Dampak yang terjadi bagi mahasiswa yaitu; Susahnya kuliah daring. Kekurangan pada pembelajaran dengan menggunakan sistem daring diantaranya, terdapat kendala pada jaringan internet/ lemot, membutuhkan biaya untuk membeli paket internet, mencari referensi dalam mengerjakan tugas, tidak terikat waktu sehingga harus selalu stand by , tidak efisien dalam hal tenaga, waktu,dan biaya.

Sudah setahun lebih kita melewat dan melawan virus Corona ini banyak yang pergi dan banyak juga yang sembuh tapi kita harus tetap melawan virus ini dan terus kita berdoa agar virus ini bisa musna dan aktifitas kita bisa kembali seperti dulu lagi. Ingat TUHAN tidak memberi cobaan di batas kemampuan manusia.

Penulis Brigitha Filia Mondigir, Mahasiswa Falkutas Ekonomi, Universitas Negeri Manado
Penulis Brigitha Filia Mondigir, Mahasiswa Falkutas Ekonomi, Universitas Negeri Manado (UNIMA)
(Visited 834 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?