Thalassophobia

Foto: Ilustrasi.


Apakah anda pernah mengalami kegelisahan, insomnia atau kesulitan tidur dan serangan panik saat melihat laut atau samudera?

Itu mungkin saja merupakan gejala Thalassophobia atau fobia laut.

Thalassophobia adalah jenis phobia spesifik yang melibatkan rasa takut terus menerus dan intens terhadap perairan luas dan dalam, seperti lautan dan samudera.

Ada beberapa faktor yang mungkin memengaruhi munculnya rasa takut terhadap lautan, seperti pola asuh, pengalaman dimasa lalu, dan faktor keturunan.

Namun, jika anda memiliki keinginan yang cukup kuat, bukannya tidak mungkin Thalassophobia ini disembuhkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut terhadap lautan dan samudera, seperti cognitive behavioral therapy (CBT), exposure therapy, dan penggunaan obat-obatan.

Seiring waktu secara bertahap buka diri kamu ke sumber ketakutan, mulai dengan gambar, lalu perairan yang lebih kecil, dan akhirnya samudera, laut atau danau yang lebih besar. Namun pastikan kamu selalu berhati-hati dan jangan pernah menempatkan diri sendiri dalam situasi yang berpotensi tidak aman.

Cikita Meydia Manoppo, Mahasiswa Universitas Negeri Manado.
Cikita Meydia Manoppo, Mahasiswa Universitas Negeri Manado.
(Visited 293 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?